Breaking News:

Info Kesehatan

Haid Membanjir Sebabkan Anemia, Ini Cara Mengatasinya!

Haid yang berat dan membanjir juga dikenal sebagai menorrhagia, mempengaruhi 1 dari 5 wanita di dunia setiap tahun.

Medical News Today
Faktor risiko anemia defisiensi besi di kalangan wanita termasuk menstruasi yang berat (membanjir). 

POSBELITUNG.CO - Anemia bisa disebabkan oleh haid yang banyak. Anemia mempengaruhi sel darah merah dan hemoglobin. Padahal haemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke semua jaringan dan organ di tubuh.

Penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin.

Anemia memiliki beberapa kemungkinan penyebab, salah satunya adalah haid atau menstruasi yang berat.

Anemia adalah kelainan darah yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Ini bisa menjadi kondisi sementara atau jangka panjang, dan gejalanya bisa bervariasi tergantung pada jenis anemia yang dialami dan seberapa parahnya.

Jika kita menderita anemia, berarti kita tidak memiliki cukup sel darah merah dan hemoglobin untuk membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua jaringan dan organ di tubuh.

Hemoglobin adalah protein yang diproduksi oleh sumsum tulang dan disimpan dalam sel darah merah.Tugasnya adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke setiap bagian tubuh melalui pembuluh darah.

Anemia biasanya memiliki tiga penyebab utama yaitu kehilangan darah, produksi sel darah merah yang tidak mencukupi, dan tingkat kerusakan sel darah merah yang tinggi.

Jenis anemia yang paling umum adalah anemia defisiensi besi, yang dapat berkembang jika kita tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh. Kita membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin.

Anemia defisiensi besi lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Faktor risiko anemia defisiensi besi di kalangan wanita termasuk menstruasi yang berat (membanjir), kehamilan, diet terlalu rendah zat besi, vitamin B12, dan folat, kondisi kesehatan seperti gangguan malabsorpsi, kondisi kronis, dan penyakit genetik.

Haid yang berat dan membanjir juga dikenal sebagai menorrhagia, mempengaruhi 1 dari 5 wanita di dunia setiap tahun.

Halaman
12
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved