Breaking News:

Berita Belitung

Personil Damkar Belitung Sigap, Simulasikan Kebakaran dan Kondisi Darurat

Setibanya di lokasi, personil sigap mempersiapkan selang, dan sigap mengatur posisi menyemprotkan air.

IST/Dok Pos Belitung
Simulasi personil damkar memadamkan api, Rabu (24/2/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sirene mobil pemadam kebakaran (damkar) berbunyi. Enam petugas mengenakan seragam dan atribut lengkap dari lantai dua gedung damkar langsung sigap turun menggunakan tiang.

Mereka berlari menuju mobil damkar, setelah semua pada posisi, mobil melaju menuju lokasi kejadian. Setibanya di lokasi, personil sigap mempersiapkan selang, dan sigap mengatur posisi menyemprotkan air. Begitulah simulasi tim damkar Belitung ketika terjadi kondisi darurat yang juga terekam dalam Live Facebook Pos Belitung, Rabu (24/2/2020).

Ditemani Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Hendri Suzanto, Pos Belitung berkunjung ke Pos Damkar. Ia juga menunjukkan berbagai peralatan yang digunakan oleh petugas damkar dalam situasi darurat hingga kendaraan yang biasanya digunakan turun ke lokasi kejadian.

Menurutnya, informasi darurat seperti kebakaran tentunya tak bisa diketahui tanpa informasi masyarakat. Sehingga ada kontak 0719 113 yang bisa dihubungi ketika terjadi kebakaran atau kondisi darurat. Penyampaian informasi juga bisa dengan datang langsung ke Pos Damkar atau Kantor BPBD di Jalan Anwar Aid, Tanjungpandan.

"Dapat diinformasikan letak kebakaran, rumah, lahan, atau hutan. Banyak sekali, terkait penyelamatan seperti ada hewan ternak masuk ke sumur, ada ular agar diambil dan dilepaskan kembali ke habitatnya," ucapnya.

"Baru-baru ini ada yang heboh di kami, ada menggunakan cincin terlalu kencang sampai sulit dibuka. Alhamdulillah teman-teman bisa membantu sehingga orang tersebut bisa diselamatkan," imbuh Hendri.

Saat ini ada 56 petugas damkar yang dibekali lima armada damkar mulai kapasitas besar yang bisa menampung 5 ribu liter air juga ada armada berkapasitas kecil.

"Kendaraan ada lima, melihat Belitung sarana kita harus ditambah, apalagi melihat struktur bangunan di Belitung sudah bertingkat, ada hotel-hotel, selayaknya mendapat peralatan yang lebih canggih," tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, ketika ada mobil damkar di jalan raya supaya meminggirkan kendaraannya. Sehingga mobil yang memuat personil tersebut dapat melaju ke lokasi kejadian.

Selengkapnya bincang-bincang Pos Belitung di Pos Damkar Kabupaten Belitung dapat disaksikan melalui Facebook Live di laman Pos Belitung di https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=174619827552952&id=90423363240

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved