Breaking News:

Berita Belitung Timur

Hasil Musyawarah Desa, Ada 105 KPM Baru Penerima BLT DD di Desa Padang, Sebagian Besar Lansia

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Kabupaten Belitung Timur sudah mulai disalurkan meskipun tidak serentak.

Posbelitung.co/Suharli
Penyerahan BLT Dana Dea pada keluarga penerima manfaat, di Gedung Serbaguna Desa Padang. Kamis (25/2/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Kabupaten Belitung Timur sudah mulai disalurkan meskipun tidak serentak.

Di Desa Padang, Kecamatan Manggar ada perubahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahun 2021, di mana ada sejumlah 105 KPM baru, dari sejumlah 301 KPM yang ada di Desa Padang

Kepala Desa Padang Izhar menjelaskan perubahan PKM karena berdasarkan hasil musyawarah desa agar BLT lebih tepat sasaran. Menurutnya, sebagian besar KPM berusia lanjut.

Sedangkan untuk jumlah KPM menurutnya tidak ada perubahan pada tahun 2020 lalu juga ada sejumlah 301 KPM.

"Setelah dilakukan musyawarah selama tiga kali dari mulai pra musyawarah sampai dengan musyawarah itu sendiri akhirnya diputuskan perubahan PKM, jadi 105 penggantian PKM yang lama ke yang baru, dengan pertimbangan kriteria, mereka adalah keluarga tidak mampu yang terdampak Covid-19, jadi kami cari juga orang yang sudah tua dan tidak memiliki pekerjaan," jelas Izhar kepada Posbelitung.co, Kamis (25/2/2021).

Desa Padang mengelontorkan Dana Desa untuk BLT sejumlah Rp 1.083.600.000 yang dibagikan selama 12 kali atau 12 bulan kepada 301 KPM di Desa Padang.

Penyaluran BLT di lakukan mengutamakan protokol kesehatan, yang mana penyaluran dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Padang, dengan metode perdusun dengan waktu yang sudah ditentukan.

"KPM yang tidak bisa hadir langsung, kami lakukan jemput bola, langsung kami datangi kerumah yang bersangkutan," jelas Izhar.

Pemerintah Desa Padang berharap dengan adanya BLT DD ini bisa benar-benar dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok, paling tidak menurutnya untuk kebutuhan sehari-hari. 

Penyerahan BLT Dana Dea pada keluarga penerima manfaat, di Gedung Serbaguna Desa Padang, Kamis (25/2/2021)
Penyerahan BLT Dana Dea pada keluarga penerima manfaat, di Gedung Serbaguna Desa Padang, Kamis (25/2/2021) (Posbelitung.co/Suharli)

Senang Bisa Beli

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved