Breaking News:

Virus Corona di Belitung

IDI Belitung Timur Ingatkan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Meski Sudah Divaksinasi

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Belitung Timur dr Rudi Gunawan menegaskan agar tetap menerapkan protokol kesehatan

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Ketua IDI Beltim dr Rudi Gunawan, SpAn. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Belitung Timur dr Rudi Gunawan menegaskan agar tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun sudah divaksinasi.

Dia mengatakan, kemungkinan tertular Covid-19 masih ada walaupun sudah menerima vaksin. Hal ini karena adanya proses untuk tubuh dalam memproduksi sel-sel antibodi yang bisa melawan virus corona.

"Butuh beberapa minggu setelah penyuntikan vaksin kedua untuk membentuk antibodi tersebut. Karena kan vaksin ini adalah virus corona yang sudah dilemahkan sehingga nanti tubuh bisa siap merespon jika ada virus corona yang asli menyerang tubuh," kata dokter spesialis anastesi ini, saat diitemui Posbelitung.co, Kamis (25/2/2021).

Hal ini ia katakan terkait dengan laporan bahwa beberapa tenaga kesehatan di Puskesmas Manggar dan Gantung yang terpapar corona.

Padahal mereka sudah menerima penyuntikkan dosis pertama, bahkan beberapa sudah divaksinasi dosis kedua.

Ia menilai harus ada kesiapan ekstra juga untuk para tenaga kesehatan di Belitung Timur terutama yang bertugas di unit UGD.

Untuk itu, dr Rudi menyarankan kepada setiap puskesmas di Beltim agar melakukan pengetesan swab antigen pada setiap pasien yang masuk ke UGD.

Hal ini demi meminimalisir resiko paparan corona terhadap tenaga kesehatan yang sangat dibutuhkan sekarang ini.

"Tindakan kedaruratan tetap nomor satu, namun secara bersamaan juga dilakukan screening. Jadi bisa saling mencegah dan tahu apa langkah yang tepat ke depannya," kata dia.

dr Rudy juga meminta kepada masyarakat agar jangan takut divaksinasi.

Mulai Maret 2021, masyarakat sudah menerima vaksin yang nantinya bisa menciptakan antibodi dalam tubuh.

"Namun, perlu diingat vaksin bukan obat ataupun pengkebal dari virus corona, namun sebagai pembantu tubuh kita dalam merespon virus corona supaya tubuh kita tidak sakit," jelas dr Rudi.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved