Breaking News:

Berita Belitung Timur

Mudahkan Pelayanan Masyarakat, Dukcapil Belitung Timur Terapkan 'Selina' di 39 Desa Mulai Maret 2021

rogram Sistem Elektronik Pelayanan Administrasi Kependudukan (Selina) Dukcapil akan diterapkan di 39 desa se-Belitung Timur mulai Maret 2021 mendatang

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur, Mudiarsono 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Program Sistem Elektronik Pelayanan Administrasi Kependudukan (Selina) yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Beltim akan diterapkan di 39 desa se-Belitung Timur mulai Maret 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur, Mudiarsono mengatakan Selina adalah program yang memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan dari desa.

"Masyarakat bisa mengurus syarat administrasi kependudukan ke desa, jadi tidak perlu ke kantor capil lagi yang jaraknya jauh. Saat ini sudah diterapkan di empat desa, yaitu Senyubuk, Simpang Tiga, Jangkang, dan Balok. Sudah sepakat dengan semua desa, bulan depan kita terapkan ke seluruh desa seluruh Beltim," jelas Mudiarsono kepada Posbelitung.co, Kamis (25/2/2021), 

Untuk itu menurutnya, warga menyerahkan seluruh persyaratan ke desa, lalu petugas menyampaikan ke dinas kependudukan dan catatan sipil  via online.

Soal pencetakannya warga bisa tetap dapatkan dari desa kecuali untuk pencetakan KTP dan KIA.

Selain itu, inovasi lainnya yang saat ini sudah dan tengah berjalan di masyarakat ialah program Merona yaitu Melayani Masyarakat Lewat Online.

"Ini adalah respon kami dalam masa pandemi sekarang yang harus meminimalisir orang berkumpul dan berkontak. Orang yang ingin ambil KTP atau KIA ke kantor pun harus menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan," ungkap Mudiarsono.

Ia menilai kedua program tersebut sangat membantu masyarakat karena mereka tidak lagi perlu repot-repot datang ke pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung Timur.

"Tentunya kami berharap masyarakat benar-benar nyaman saat dilayani dan cepat," kata Mudiarsono. (Posbelitung.co / BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved