Breaking News:

Berita Belitung

Kejari Belitung Garap Perkara Tipikor Pengelolaan APBDes Air Saga, Kerugian Negara Rp 900 Juta

Jajaran Seksi Pidsus Kejari Belitung kembali menggarap dugaan kasus tipikor penyalahgunaan pengelolaan APBDes.

Dok/Ali Nurudin
Kajari Belitung Ali Nurudin 

POSBELITUNG.CO -- Jajaran Seksi Pidsus Kejari Belitung kembali menggarap dugaan kasus tipikor penyalahgunaan pengelolaan APBDes.

Kali ini tim jaksa peneliti sedang melakukan penyelidikan terhadap Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, berdasarkan surat perintah penyelidikan yang telah ditandatangani Kajari Belitung Ali Nurudin.

Dugaan sementara hasil lead Seksi Intelejen yang dilimpahkan kepada Seksi Pidsus, kerugian negara mencapai Rp 900 juta.

"Ini tahun anggaran 2019, dua tahun yang lalu. Tim jaksa yang dilibatkan itu gabungan dari Intelejen, Pidsus, Pidum dan Datun yang sengaja digabungkan untuk memaksimalkan agar bisa menangani secara terpadu dan tuntas," ujar Kajari Belitung Ali Nurudin kepada posbelitung.co, Jumat (26/2/2021).

Ia menjelaskan sementara ini dari hasil pengumpulan data dan keterangan Seksi Intelejen, dana-dana yang dikelola perangkat Desa Air Saga terjadi ketimpangan antara pengajuan dan realisasinya.

Ali memang belum menyebutkan nama tersangka tetapi baru tahap indikasi kuat adanya sebuah tindak pidana korupsi di desa tersebut.

"Oleh sebab itu, Seksi Pidsus harus menemukan bukti permulaan yang cukup minimal dua alat bukti untuk dinaikan ke penyidikan umum," katanya.

Ia menambahkan semenjak pelimpahan dari seksi Intelejen kepada Pidsus dan terbitnya sprindik, beberapa perangkat desa sudah kembali dimintai keterangan terhadap dugaan kasus tersebut.

Dalam prosesnya, Pidsus akan kembali menggali informasi pihak yang paling bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan anggaran tersebut.

Sembari mengumpulkan alat bukti yang menjerat tersangka itu nantinya.

Halaman
123
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved