Breaking News:

Berita Belitung

Cabdin Sarankan Dana BOS Digunakan Optimal Termasuk Menjamin Penerapan Prokes

Petunjuk teknis (juknis) terkait dana bantuan operasional sekolah (BOS) mengacu pada Permendikbud nomor 6 tahun 2021.

Kemdikbud.go.id
ilustrasi dana BOS 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi mengatakan petunjuk teknis (juknis) terkait dana bantuan operasional sekolah (BOS) mengacu pada Permendikbud nomor 6 tahun 2021.

Juknis tersebut menjadi acuan sekolah dalam mempersiapkan anggaran kas sekolah dan merupakan petunjuk utama dalam pelaksanaan anggaran tersebut.

"Surat TL dari dinas pendidikan provinsi belum ada, namun sekolah sudah menyusun sesuai ketentuan dalam juknis BOS itu," katanya, Senin (1/3/2021).

Pada Permendikbud tersebut, telah menjelaskan 12 komponen penggunaan dana BOS reguler dalam pembiayaan operasional pendidikan. Di antaranya penerimaan peserta didik baru, pemeliharaan sarana dan prasarana, pengembangan perpustakaan, hingga pembayaran honor.

Berdasarkan komponen tersebut, maka sekolah dapat menyusun sesuai kebutuhan. Termasuk honor GTT dan PTT yang ada di sekolah dibiayai dari BOS APBN.

Dana BOS ini juga masih bisa digunakan untuk penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal tersebut termasuk dalam komponen pembiayaan pelaksanaan administrasi kegiatan sekolah seperti pembelian desinfektan, sabun pembersih tangan, masker dan sarana penunjang kebersihan.

"Kami tentu menyarankan agar dana BOS ini dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan operasional sekolah termasuk untuk menjamin penerapan prokes," jelasnya.

Adi menambahkan, pada penyaluran dana BOS 2020, penyaluran 100 persen dilakukan dari RKUN (rekening kasu umum negara) langsung ke rekening sekolah tanpa melalui RKUD (rekening kas umum daerah). Hingga saat ini belum ada kendala, karena karena laporan ke pusat juga dilakukan secara online melalui sistem.

Kemudian pada BOS 2021 ini, besaran yang disalurkan masing-masing sekolah tergantung jumlah riil siswa yang dilaporkan disistem dapodik. Juga hasil verifikasi pada saat data tersebut diambil kemdikbud.

Berikut ini besaran dana BOS per siswa dalam setahun dari laman Kemendikbud.

- SD
Belitung: Rp 940.000
Belitung Timur: Rp 940.000

- SMP
Belitung: Rp 1.140.000
Belitung Timur: 1.150.000

- SMA
Belitung: Rp 1.560.000
Belitung Timur: 1.570.000

- SMK
Belitung: Rp 1.660.000
Belitung Timur: Rp 1.670.000

- SLB
Belitung: Rp 3.640.000
Belitung Timur: Rp 3.650.000

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved