Breaking News:

Berita Belitung

Dana BOS Kabupaten Belitung Capai Rp 25,8 Miliar 

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pemerintah Kabupaten Belitung pada tahun 2021 mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu

Kemdikbud.go.id
ilustrasi dana BOS 

POSBELITUNG.CO -- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pemerintah Kabupaten Belitung pada tahun 2021 mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu. Namun untuk dana BOS dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung itu, hanya diperuntukkan kepada sekolah setingkat SD dan SMP.

Dana BOS tahun 2021 ini, masuk dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) APBD Pemerintah Kabupaten Belitung, sebesar Rp 25.834.000.000,-. Sedangkan pada tahun 2020 lalu, dana BOS sebesar Rp 24,1 miliar.

"Tahun ini dana Bos itu Rp 25.834.000.000,-, itu masuk dalam DIPA APBD 2021. Sesuai kewenangan, ini pada tingkatan SMP ke bawah, kalau SMA itu Provinsi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya kepada Pos Belitung, senin (1/3).

Pada tahun 2020 lalu, Dana BOS disalurkan kepada setiap sekolah disarankan prioritas penggunaan untuk melengkapi kebutuhan atau sarana protokol kesehatan (prokes) di setiap sekolah, lantaran pada awal masa pandemi covid-19.

Kata Hendra, pada tahun 2021 disarankan pengguna dana Bos di sekolah, prioritas peruntukan melengkapi prokes di sekolah dan sarana prasarana pelajar.

"Jadi masih sama disarankan penggunaan prioritas prokes, dan keperluan sarana prasarana sekolah lain maupun pelajar yang sempat tertunda pada tahun kemarin (2020), nah tahun ini harus direalisasikan," ujarnya. 

Misalkan, lanjut Hendra, penggunaan dana BOS tersebut bisa dipergunakan kebutuhan siswa pada sekolah. Berbagai alat peraga siswa sempat tertunda, harus menjadi perhatian.

"Tapi itu semua kembali kepada keperluan sekolah, karena yang mengatur penggunaan dana BOS ini semua nya diserahkan kepada sekolah, bagaimana penggunaan nya," jelasnya.

Penggunaan dana BOS ini, tidak diatur secara detail dari DIPA APBD Kabupaten Belitung. Seperti berapa persen untuk sarana dan prasarana pendukung pelajaran serta keperluan lain.

"Termasuk untuk pembayaran guru honor itu boleh, ya tergantung sekolah masing - masing bagimana penggunaan nya, dan untuk apa. Tapi tidak boleh untuk membayar gaji guru honorer baru, karena tahun ini ada penerimaan PPPK tenaga guru, Belitung usulkan penerimaan guru," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved