Breaking News:

Berita Belitung Timur

RSUD Belitung Timur Sudah Pesan GeNose untuk Deteksi Covid-19

Direktur RSUD Belitung Timur dr Vonny Primasari mengatakan sudah memesan alat deteksi covid-19 buatan dalam negeri yaitu GeNose

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Direktur RSUD Beltim dr Vonny Primasari saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/3/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Direktur RSUD Belitung Timur dr Vonny Primasari mengatakan sudah memesan alat deteksi covid-19 buatan dalam negeri yaitu GeNose. Menurutnya alat ini akan digunakan untuk screening awal covid-19.

"Untuk pemesanan sudah dilakukan. Tinggal menunggu konfirmasi dan barangnya datang. Untuk awal, akan diperuntukkan bagi tenaga medis dulu," kata dr Vonny kepada posbelitung.co saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/3/2021).

Ia beralasan tenaga kesehatan harus melakukan skrining covid-19 secara berkala. Karena itu jika menggunakan alat ini akan lebih efisien dan efektif.

Ia mengatakan sudah menganggarkan Rp 65-70 juta untuk satu alat tersebut.

Upaya pengetatan skrining covid-19 juga dilakukan RSUD Beltim terhadap pasien-pasiennya. Mulai hari ini, setiap pasien yang akan diopname akan melakukan tes swab antigen. Hal ini demi memastikan bahwa tindakan dan langkah perawatan yang akan diambil nantinya tepat dan tidak merugikan siapapun.

"Kami sebagai tenaga kesehatan juga harus melindungi diri kami. Jika kami sudah kena, nanti masyarakat juga yang susah. Jadi demi keamanan bersama kebijakan ini kami ambil," kata dr Vonny.

Selain itu, ia mengatakan aturan ini juga berlaku bagi pasien yang datang ke UGD.

Ia mengatakan tidak ingin kecolongan. Ke depan, jika alat swab antigennya mencukupi bahkan akan dilakukan pada semua pasien yang akan datang berobat jalan.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir akan mendukung rencana RSUD Beltim soal tes swab antigen bagi setiap pasien.

Ia mengaku juga akan melakukan hal yang sama bagi puskesmas-puskesmas di seluruh Beltim demi mencegah penyebaran transmisi lokal di wilayah ini.

"Kami sedang berproses untuk menuju ke penerapan aturan itu. Yang pasti bakal kami lakukan juga jika itu demi kebaikan bersama," kata dia. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved