Breaking News:

Berita Belitung

Selama Pandemi Pengurusan Sertifikasi Halal Meningkat, Maret Ada Subsidi Perpanjang

2021 ini kami memperkirakan, Insya Allah ada peningkatan pengurusan sertifikasi halal. Kami mengukur dari sisi omzet kami pun ada peningkatan

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
UMKM saat baru mendapatkan sertifikat halal beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Selama Pandemi Covid-19, kepengurusan sertifikasi ketetapan halal meningkat. Meskipun ketika berbicara pandemi banyak yang omzetnya menurun hingga perputaran ekonomi sepi, sementara pengurusan legalitas ini meningkat. Hal tersebut disampaikan Direktur LPPOM MUI Bangka Belitung Nardi Pratomo, Senin (1/3/2021).

"Bahkan di 2021 ini kami memperkirakan, Insya Allah ada peningkatan pengurusan sertifikasi halal. Kami mengukur dari sisi omzet kami pun ada peningkatan," katanya.

Hal tersebut juga tak lepas dari upaya pihaknya dalam mengajak pelaku UMKM, menyosialisasikan, menyebarkan info hingga membangun kesadaran halal. Disisi lain juga dukungan pemerintah tidak berkurang melalui fasilitasi yang diberikan.

"H ini nanti pada akhirnya memudahkan kita untuk mewujudkan Babel the real halal tourism destination," kata dia.

Nardi menambahkan, sejak kasus pertama Covid-19 pada Maret 2020 lalu, pihaknya pun langsung menggelontorkan subsidi buat meringankan pelaku usaha yang berkeinginan mengurus sertifikat halal. Subsidi ini pun mampu merangsang UMKM Yang ingin memperpanjang hingga mengurus baru.

"Untuk tahun ini kita jalankan di Februari Maret Jadi bagi yang mau perpanjangan atau bikin baru sampai dengan Maret akhir itu masih ada subsidi," ucapnya.

"Lumayan besaran subsidinya. Silakan hubungi kantor perwakilan kami di Belitung di Jalan Ahim, Tanjungpandan. Rata-rata kami kurangkan biayanya, plus minus sekitar sejutaan, ada yang bayar Rp 1,4 juta, Rp 1,5 juta, atau Rp 1,6 juta," tutur dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved