Breaking News:

Berita Belitung

Sumur Warga di Belitung Mulai Kering, Ambil Air dari Tempat Lain

Cuaca panas atau kemarau belakangan ini di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung mulai berpengaruh terhadap kebutuhan air rumah tangga

Pos Belitung/Disa Aryandi
Sebagian sumur warga di Belitung, senin (1/3/2021) mulai mengalami kekeringan sekitar satu pekan terakhir 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Cuaca panas atau kemarau belakangan ini di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung mulai berpengaruh terhadap kebutuhan air rumah tangga. Sebagian sumur warga di Negeri Laskar Pelangi mulai mengalami kekeringan.

Kondisi itu membuat sebagian warga sudah mulai mencari dan mengambil air dari sumber lain alias bukan dari sumur pribadi. Air tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci pakaian, mencuci baju dan lainnya. 

Kekeringan sudah dirasakan oleh warga sekitar satu pekan belakang.  

Satu diantara warga mengalami kekeringan air pada sumur rumah tangga, warga pada Komplek Marakas, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung bernama Permana (53).

Keluarga ini mulai mengambil air bersih di berbagai tempat. Ia membawa beberapa galon dan derigen sebagai wadah sementara  penyimpanan air.

Galon yang berisi air bersih itu lantas dibawa olehnya menggunakan mobil, hingga tiba di rumah, ditampung kembali ke dalam wadah lebih besar, seperti bak mandi, dan ember besar.

"Iya sumur rumah kami sudah kering, jadi ambil air ini. Cuaca sudah mulai kemarau, jadi mau tidak mau harus mengambil air dari tempat lain. Sudah sekitar satu minggu lebih lah sumur kami kering," kata Permana kepada posbelitung.co, senin (1/3/2021).

Permana bersama keluarga mengambil air bersih di tempat dia bekerja. Jarak antara rumah dari kantor nya, sekitar satu kilometer (Km). 

"Ya mau bagaimana lagi, karena kondisi alam sudah seperti ini. Ya mudah-mudahan sih tidak berkepanjangan, repot juga bolak balik ambil air," harap pria dua anak ini. (posbelitung.co/disa aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved