Breaking News:

Usai Diresmikan, Presiden Jokowi Jajal KRL Rute Yogyakarta-Solo

Usai berbincang dengan Bupati Klaten Sri Mulyani, Jokowi lantas memasuki mobil Indonesia 1. Ia lalu meninggalkan Stasiun Klaten.

kompas.com
Presiden Joko Widodo mencoba Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (1/3/2021). 

POSBELITUNG.CO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal kereta rel listrik (KRL) Yogyakarta-Solo selepas diresmikan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3/2021).

Jokowi beserta rombongan pejabat berangkat dari Stasiun Tugu.

Presiden didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo, dan lainnya.

Rombongan menaiki KRL hingga Stasiun Klaten, Jawa Tengah. 

Usai berbincang dengan Bupati Klaten Sri Mulyani, Jokowi lantas memasuki mobil Indonesia 1. Ia lalu meninggalkan Stasiun Klaten.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan Presiden Jokowi sangat menikmati layanan KRL selama di perjalanan.

"Kali ini Presiden merasakan langsung dan tadi kita mendengarkan bahwa beliau memberikan arahan agar nantinya kedepan transportasi di Indonesia, transportasi umum harus yang ramah lingkungan dan spesifik beliau menyebutkan basisnya listrik," jelas dia di Stasiun Klaten.

Transportasi ramah lingkungan Saat peresmian, Jokowi menyebut KRL Yogyakarta-Solo sangat efisien.

"Ini merupakan sebuah moda transportasi massal yang ramah lingkungan. Tadi saya juga diberitahu bahwa KRL ini lebih cepat 10 menit dibandingkan (kereta) Prambanan Ekspress ( Prameks)," ujarnya di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Biaya operasionalnya pun disebut lebih murah dibanding pendahulunya, Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks).

Menurut Jokowi, ke depannya, moda transportasi massal harus ramah lingkungan.

"Transportasi massal ramah lingkungan semua kendaraan harus ramah lingkungan yaitu (menggunakan) listrik," ungkapnya.

Presiden Joko Widodo berharap dengan beroperasinya KRL Yogyakarta-Solo ini dapat membantu mobilisasi masyarakat, sekaligus mendongkrak wisata di kedua kota tersebut.

"Bismillahirrahmannirrahim, hari ini saya resmikan KRL lintas Yogyakarta-Solo," ucapnya saat meresmikan KRL di Stasiun Tugu Yogyakarta. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Jokowi Naik KRL dari Yogyakarta ke Klaten, Ini Kesannya"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved