Breaking News:

Dalam Waktu Sepekan Densus 88 Tangkap 20 Terduga Teroris di Jawa Timur

Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap pada Jumat pekan lalu diamankan di beberapa lokasi, yakni di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Malang.

PERSDA NETWORK/BINA HARNANSA
ilustrasi Densus 88 

POSBELITUNG.CO - Densus 88 Antiteror menangkap 20 terduga teroris di Jawa Timur dalam rentang waktu sepekan.

Sebanyak 12 orang ditangkap pada Jumat (26/2/2021) dan delapan orang ditangkap pada Senin (1/3/2021) dan Selasa (2/3/2021).

"Dari kegiatan penangkapan Jumat, diamankan 12 terduga teroris. Saat ini diamankan kembali delapan orang," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, dikutip dari Antara, Selasa.

Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap pada Jumat pekan lalu diamankan di beberapa lokasi, yakni di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Malang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, 12 terduga teroris tersebut telah merancang pembangunan bungker untuk melaksanakan aktivitas merakit bom dan senjata api.

"Mereka juga sudah merancang bungker yang akan digunakan untuk kegiatan pembuatan senjata maupun bom rakitan," kata Rusdi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Ia mengatakan, para terduga teroris merupakan kelompok Jamaah Islamiyah yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

Sedangkan delapan terduga teroris yang ditangkap pada Senin dan Selasa diamankan di Surabaya, Malang, dan Bojonegoro.

Dari penelusuran Kompas.com, salah satu warga yang ditangkap di Malang berinisial B. Istri B, A mengatakan, suaminya ditangkap tim Densus 88 tidak lama setelah keluar dari rumah.

Setelah menangkap B, petugas kemudian menggeledah rumahnya. A mengaku belum mengetahui kesalahan suaminya hingga ditangkap.

Selama ini, B hanya bekerja sebagai perajin perlengkapan alat memanah. Suami A memang juga hobi memanah.

"Suami saya kerjanya bikin kerajinan kulit untuk wadah anak panah. Kalau yang lainnya saya tidak tahu suami saya salahnya apa. Saya yakin suami saya tidak salah," kata A saat ditemui di kediamannya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Densus 88 Tangkap 20 Terduga Teroris di Jawa Timur dalam Sepekan"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved