Breaking News:

Berita Belitung Timur

Disnaker KUKM Belitung Timur Gelar Pelatihan Desain Grafis untuk 16 Warga Desa Mekar Jaya

Sebanyak 16 orang mengikuti pelatihan desain grafis yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Belitung Timur

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Instruktur BLK Provinsi Kep Babel Ria Yulista saat memberikan materi pelatihan desain grafis, Selasa (2/3/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sebanyak 16 orang mengikuti pelatihan desain grafis yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UKM Belitung Timur bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Babel di BLK Komunitas Daarul Himmah, Desa Mekar Jaya, Selasa (2/3/2021).

Satu peserta pelatihan yaitu Erwanto (42) mengaku bersyukur menjadi bagian dari pelatihan ini. Ia mengatakan pelatihan ini sangat berguna bagi peningkatan kemampuan teknologinya.

"Di jaman serba teknologi ini kita diharuskan adaptasi dengan perkembangan jaman. Pelatihan ini bisa menjadi solusi atas hal itu sekaligus juga bisa menciptakan wirausahawan baru dari pelatihan ini," kata Erwanto kepada Posbelitung.co, Selasa (2/3/2021).

Ia berharap pelatihan ini bisa berguna baginya juga yang lain. Erwanto juga ingin kemampuannya ini menjadi modal ke depan untuk membuka peluang baru.

"Dan bisa juga membangkitkan BUMDes karena ini nanti terintegrasi juga dengan BUMDes," kata Erwanto yang juga Direktur BUMDes Mekar Jaya ini.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker KUKM Beltim Halifa menyampaikan pelatihan keterampilan ini dinisiasi karena ada usulan dari desa setempat.

Awalnya mereka mengusulkan untuk penyablonan, namun dikembangkan lagi menjadi desain grafis supaya lebih luas cakupannya.

"Desa Mekar Jaya juga ada waterboom yang bisa jadi daya tarik wisata. Pelatihan ini cocok dan tepat sasaran sehingga bisa menciptakan peluang usaha baru," kata Halifa.

Ia mengatakan, output dari pelatihan yang dilaksanakan hingga 9 April 2021 mendatang bisa meningkatkan perekonomian peserta pelatihan yaitu menerapkan hasil pelatihan ini.

Kepala Desa Mekar Jaya Syamsudin mengatakan sudah menyiapkan alat printing sablon untuk hasil dari pelatihan ini. Ia berharap 16 orang ini akan bisa menciptakan lapangan kerja baru.

"Kalau pun mereka tidak mendapat pekerjaan dengan keahlian itu, maka desa akan berupaya untuk memberdayakannya," kata Syamsudin.

Instruktur TIK Design Grafis BLK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ria Yulista mengatakan akan lebih menekankan pada pemahaman terhadap aplikasi design.

"Karena kalau untuk bagaimana designnya itu tergantung dari kreativitas masing-masing individu. Saya harap nantinya setelah pelatihan ini para peserta bisa menjadi enterpreneur baru yang bisa membangkitkan perekonomian sekitar," kata Ria.

Kepala BLK Komunitas Pesantren Daarul Himmah Yaumal Jihad mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap agar program pelatihan ini bisa terus berlanjut.

"Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat dan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas," harapnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved