Breaking News:

Berita Belitung Timur

dr Helly Tjandra Harap Desa dan Instansi Pemerintah Giatkan Donor Darah

Persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Belitung Timur dinilai mencukupi untuk kebutuhan bagi pasien di Belitung Timur.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Kepala UTD RSUD Beltim dr Helly Tjandra. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Belitung Timur dinilai mencukupi untuk kebutuhan bagi pasien di Belitung Timur. Hal ini dikatakan oleh Kepala UTD RSUD Beltim dr Helly Tjandra kepada posbelitung.co, Selasa (2/3/2021).

dr Helly mengatakan untuk saat ini secara keseluruhan tingkat pemenuhan terhadap darah masih terpenuhi semua. Namun ia menegaskan perlu peningkatan aksi donor darah massal.

"Desa-desa diharapkan bisa melaksanakan donor darah massal secara rutin, termasuk di instansi-instansi pemerintahan juga perlu. Selain itu harus ada peran dari PMI yang saat ini belum terlihat," kata dr Helly.

Ia menambahkan untuk stok darah di UTD RSUD saat ini sifatnya untuk keperluan emergency dan itupun hanya dipinjamkan dulu. 

Setelah itu, pihaknya meminta kepada keluarga untuk mencari donor pengganti sehingga ketersediaan darah akan terjamin setiap harinya.

Per hari ini Selasa 2 Maret 2021, ketersediaan darah A yaitu 3 kantong, B ada 1 kantong, AB ada 2 kantong, dan O ada 3 kantong. 

dr Helly mengatakan biasanya penyakit yang memerlukan banyak darah di RSUD Beltim adalah anemia dan tindakan kebidanan.

Sementara itu, dihubungi terpisah Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Belitung Timur Talafudin mengatakan pihaknya saat ini belum bisa berbuat apa-apa. Pasalnya PMI Beltim belum memiliki Unit Donor Darah sendiri sehingga saat ini tidak ada persediaan darah di sana.

"Bisa dibilang saat ini PMI kita tidak aktif. Namun tahun ini dengan bupati baru semoga bisa menjadikan ini prioritas demi memenuhi kebutuhan masyarakat kita atas darah yang semakin tinggi setiap waktunya," kata dia.

Ia mengimbau pada masyarakat agar bisa mendonorkan darah jika memang memenuhi syarat dan mampu. Ia mengatakan aksi sosial ini sangat berguna bagi saudara yang sedang memerlukan. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved