Breaking News:

Berita Belitung

Pendonor Dibutuhkan untuk Berbagai Sakit Keras

Transfusi darah harus cepat didapatkan agar kebutuhan atau volume darah pada pasien ini tidak berkurang.

posbelitung.co /dede s
Anggota Damkar BPBD Belitung donor darah di PMI Belitung, Selasa (2/3/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kebutuhan darah terhadap pasien pada RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung sekarang ini sangat diperlukan. Terutama kepada pasien - pasien penderita penyakit tertentu atau kategori sakit keras.

Transfusi darah harus cepat didapatkan agar kebutuhan atau volume darah pada pasien ini tidak berkurang. Terdapat beberapa penyakit biasa ditemukan untuk melakukan transfusi darah tersebut.

"Itu biasa dokter yang minta langsung, faktor pertama karena pasien itu volume darah berkurang, dan HB (Hemoglobin) nya turun. Itu biasa ditemukan saat proses persalinan, atau setelah operasi, tapi tidak terjadi pada semua pasien," kata Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra kepada Pos Belitung, selasa (2/3).

Sebab pada operasi tertentu, kata Hendra, biasa disebut darah akut lebih banyak keluar dan harus tergantikan, sesuai volume darah tersebut. Sehingga fungsi HB sebagai pembawa oksigen bisa kembali meningkat.

"Kemudian transfusi darah ini pula bisa dipergunakan pada pasien penyakit kronis, karena biasa terjadi pasien dengan penyakit kronis, HB nya juga bisa turun. Misalkan ada keganasan pada penyakit tersebut, semua komponen darah merah, darah putih nya turun, itu mengarah lagi ke trombosit," ucapnya.

Berdasarkan pasien yang pernah menjalani perawatan di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, lanjut Hendra, pasien kategori ada keganasan penyakit itu, tempat produksi darah tidak berfungsi lagi.

Sehingga harus mendapatkan asupan darah dari luar atau pendonor. Ini membuat  sebagian keluarga pasien harus mendapatkan pendonor secara cepat. Agar HB tersebut bisa berfungsi kembali.

"Misalkan infeksi demam berdarah, atau pasien dengan infeksi saluran tubuh, itu perlu cepat untuk mengembalikan trombosit nya," jelasnya.

Ada kebutuhan terbaru terhadap transfusi darah ini. Kata Hendra, untuk mengobati pasien covid-19. Namun pendonor tersebut harus diambil dari orang yang sudah memiliki antibodi.

"Itu dengan syarat, pendonor ini tidak ada penyakit bawaan lainnya, dan memang semua pendonor harus terbebas dari penyakit," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved