Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Sedang Rawat 49 Pasien Covid-19, RSUD H Marsidi Judono Siap-siap Tambah Ruang Isosliasi 

Manajemen RSUD H Marsidi Judono melakukan evaluasi pelayanan kesehatan, lantaran tengah merawat 49 pasien Covid-19.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Eltjandring
posbelitung.co/Dede Suhendar
Direktur RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan dr Hendra Spin 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Manajemen RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung melakukan evaluasi pelayanan kesehatan, Selasa (2/3/2021).

Evaluasi tersebut dilakukan, lantaran pasien Covid-19 yang menjalani rawat inap di rimah sakit tersebut mencapai 49 orang.

Untuk memenuhi pelayanan itu, manajemen RSUD sudah menggunakan ruangan isolasi A, B, C dan D. Seluruh ruangan dipergunakan itu, hanya tersisa lima bed saja sebagai cadangan.

"Tadi malam ada lagi yang masuk, jadi ada 49 orang pasien covid sekarang sedang jalani perawatan. Kami juga sudah melakukan rapat evaluasi sebagai bentuk antisipasi," kata Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra kepada Posbelitung.co, Selasa (2/3/2021).

Pasien Covid-19 menjalani isolasi di RSUD ini, secara umum memiliki kondisi klinis sakit kategori sedang, berat dan kritis.

"Kami sekarang sudah mempersiapkan satu ruangan lagi sebagai bentuk antisipasi. Ya kalau sekarang empat ruangan yang kami gunakan. Semua kami siapkan 72 bed atau tempat tidur," ucapnya.

Ruang isolasi dipergunakan itu, ruang ICU, ruangan Rambai, ruangan Keranji, ruangan Urisan, dan ruang Rukam.

Apabila ada penambahan lagi, maka akan dibuka ruangan isolasi cadangan lain.

"Namun dilematisnya, jika terjadi penambahan ruangan isolasi lagi, atau kami harus membuka ruangan baru, maka akan mengurangi kapasitas ruang perawatan pasien - pasien non Covid-19," jelasnya.

Sehingga, lanjut dia, potensi terbesar atau terburuk, pasien-pasien non covid-19 tidak bisa mendapat pelayanan, seperti rawat inap.

"Jadi disarankan berobat atau bagi yang rawat inap disarankan ke rumah sakit swasta yang bekerjasama dengan BPJS. Jadi ada keterbatasan seperti itu," bebernya.

Sekarang ini, lanjut Hendra, ruang rawat inap tersedia di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung terdapat tiga bangsal, yaitu ruang Keremunting, Serkik dan Berangan.

"Termasuk sekarang, sedang diberlakukan penghentian sementara tindakan-tindakan operasi terencana, terkecuali tindakan operasi emergency (cito). Begitu juga dengan pelayanan radiologi terencana, sama sementara dihentikan, terkecuali emergency," kata dia.

Namun untuk ruangan perawatan picu nicu icu dan vk kebidanan, tetap dapat dipergunakan untuk pelayanan pasien-pasien non covid-19.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved