Breaking News:

Berita Belitung Timur

BPBD Belitung Timur Mencatat 14 Kebakaran Terjadi pada Januari hingga Februari 2021

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung Timur mencatat peristiwa kebakaran pada Januari hingga Februari 2021 terjadi sebanyak 14 kali.

Ist.BPBDBeltim
Petugas pemadam kebakaran saat berjibaku dengan api di satu lokasi kebakaran di Manggar beberapa waktu lalu 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung Timur mencatat peristiwa kebakaran pada Januari hingga Februari 2021 terjadi sebanyak 14 kali.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Beltim Surya Mulyana mengatakan 12 di antaranya merupakan kebakaran di lahan kosong.

"Penyebab kebakaran paling banyak karena dibakar oleh orang tidak dikenal. Selain itu ada dua kebakaran disebabkan karena korsleting listrik, dan satu kebakaran karena puntung rokok," kata Surya kepada posbelitung.co, Rabu (3/3/2021).

Dari data BPBD Beltim, kebakaran paling luas berada di lokasi belakang panti sosial di kawasan Selinsing, Gantung pada tanggal 15 Februari 2021 dengan luas lokasi lima hektar.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada jika terjadi kebakaran. Jika terjadi di dalam rumah, langkah pertama yaitu selamatkan diri sendiri terlebih dahulu. Setelah itu baru selamatkan yang lain atau harta benda.

"Selalu cek kondisi rumah dan pastikan jika bepergian tidak ada pemicu api yang bisa menyebabkan kebakaran, seperti kompor yang masih nyala," imbau Surya.

Sementara itu, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo merespon hal ini dengan mengimbau pada warga Belitung Timur agar tidak membakar lahan kosong secara sengaja.

Ia mengingatkan kepada setiap warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakarnya. Jika masyarakat sengaja membakar lahan untuk tujuan apapun bisa dikenakan hukum pidana.

Hal tersebut diatur dalam UU nomor 40 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak lima miliar.

"Selain itu juga diatur dalam UU nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 10 miliar. Jadi jangan coba-coba untuk melakukan hal tersebut," tegas Kapolres. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved