Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Update Covid-19 Belitung Timur : 9 Masih Isolasi, Dinas Kesehatan Ingatkan Prokes

Kabid P2P Dinkes PPKB Belitung Timur Supeni mengatakan per hari ini Rabu (3/3/2021) masih ada sembilan orang yang sedang menjalani isolasi mandiri.

IST/Dokumentasi Sriwijaya Air Group
UTAMAKAN PROKES--Petugas check in counter Sriwijaya Air Group membagikan healthy kit yang terdiri dari face shield, hand sanitizer dan masker, kepada penumpang. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Perkembangan pandemi virus corona di Belitung Timur mengalami penurunan beberapa waktu terakhir. Sejak 27 Februari 2021 lalu belum ada lagi orang yang terkonfirmasi positif covid-19.

Kepada posbelitung.co, Kabid P2P Dinkes PPKB Belitung Timur Supeni mengatakan per hari ini Rabu (3/3/2021) masih ada sembilan orang yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan jumlah total orang yang terkonfirmasi positif yaitu 292 orang. Kemudian jumlah orang yang sudah sembuh yaitu 280 orang dengan kematian sebanyak 3 orang.

"Biarpun melandai harus tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Supeni.

Ia menegaskan bahwa risiko terjadinya transmisi lokal masih terus ada selama masyarakat tidak patuh protokol kesehatan. Termasuk, lanjutnya, bagi orang-orang yang sudah menerima vaksinasi.

Supeni bilang mereka yang sudah vaksinasi bukan kebal corona, tapi mencegah terjadinya paparan virus yang bisa menyebabkan sakit ke tubuh.

"Apalagi sekarang sudah ditemukan virus corona mutasi baru asal Inggris yang menurut penelitian efeknya lebih dari corona yang sekarang. Kita harus tetap waspada," imbau Supeni.

Terkait penggunaan masker juga ia menyoroti masih banyak yang tidak benar dalam penggunaan masker. Ia menyampaikan penggunaan masker yang benar adalah menutupi hidung sampai ke dagu.

"Jangan sering diturun-turunkan dari wajah. Penyimpanan masker saat makan juga harus hati-hati. Lebih baik letakkan dalam tas atau plastik khusus masker sehingga kuman tidak menyebar atau menempel," kata dia.

Terkait jenis masker juga ia menyarankan yang baik itu minimal masker medis atau masker KN95 yang sudah mulai banyak jualannya di pasaran. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)
 

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved