Breaking News:

Berita Belitung

Lahan 10 Hektar Terbakar Sejak Malam, Baru Bisa Padam Siang Hari

Si Jago merah kembali berulah, kali ini lahan sekitar 10 hektar menjadi sasarannya, kejadian tersebut terjadi di Dusun Tanah Tebok

(istimewa dok BPBD Beltim)
Tim BPBD Belitung Timur saat memadamkan api di Tanah Tebok, Desa Burung Mandi, Belitung Timur (5/3/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Si Jago merah kembali berulah, kali ini lahan sekitar 10 hektar menjadi sasarannya, kejadian tersebut terjadi di Dusun Tanah Tebok, Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar Belitung Timur.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kobaran api yang diketahui sejak Kamis (4/3) malam, baru bisa dipadamkan pada Jumat (5/3) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Belitung Timur Surya Mulyana mengatakan informasi baru didapat oleh BPBD Beltim sekitar pukul 11.15 WIB.

"Kami menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran, kami menyebar beberapa titik, karena kobaran api lumayan cukup besar, sekitar pukul 12.30 WIB api dapat dipadamkan," ujar Surya kepada posbelitung.co, Jumat (5/3/2021).

Dalam proses pemadaman, dia mengaku BPBD Beltim juga di bantu oleh mobil pemadam perusahan yang beroperasi tidak jauh dari lokasi tersebut.

"Kami perkirakan luasan lahan terbakar sekitar 10 hektar, informasi kami dapat di lapangan, api sudah ada sejak Kamis malam, namun informasi kebakaran sampai ke kami baru siang ini," jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, api yang cukup besar juga hampir mendekati rumah warga.

Surya mengaku belum tahu penyebab dari kebakaran lahan tersebut, apakah sengaja dibakar atau memang ketidak kesengajaan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat pada musim panas saat ini jangan lah membakar sampah-sampah sembarangan, atau pun membuka lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Pada bulan Maret ini sudah empat kali kebakaran lahan diwilayah Belitung Timur dua lokasi di Manggar, dan dua kalidi Kacamatan Damar dua kali, total kejadian kebakaran di Belitung Timur sejak awal Januari sudah 18 kali meliputi kebakaran lahan, dan kebakaran satu unit rumah. (posbelitung.co,suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved