Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Dua Pedagang Positif Covid-19, 44 Orang di Pasar Manggar Belitung Timur Diswab Antigen

Ini upaya kita untuk pencegahan penyebaran transmisi lokal. Alhamdulillaah tadi 44 orang diswab antigen mulai dari pedagang, pembeli

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Satu pedagang yang melakukan swab antigen di Pasar Manggar, Senin (8/3/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur melakukan swab massal ke para pedagang dan pembeli di Pasar Manggar, Senin (8/3/2021).

Kepala Seksi Surveilans Bidang P2P Dinkes-PPKB Beltim Herlina mengatakan hal ini dilakukan karena ada dua pedagang yang dinyatakan positif covid-19.

"Ini upaya kita untuk pencegahan penyebaran transmisi lokal. Alhamdulillaah tadi 44 orang diswab antigen mulai dari pedagang, pembeli, sampai tukang parkir, hasilnya negatif semua," kata Herlina saat ditemui posbelitung.co, Senin.

Menurut Herlina, orang yang positif ini ada yang dirawat di RSUD Beltim yaitu H warga Bentaian, Manggar dan satunya melaksanakan isolasi mandiri yaitu W warga Damar.

Herlina bilang keluarga kedua pasien ini sudah dilakukan swab antigen juga dan hasilnya negatif. Tapi pihaknya akan tetap memantau selama tujuh hari ke depan.

Saat ditanya apakah dua yang positif ini kontak erat dengan warga Lipat Kajang yang meninggal di RSUD Beltim beberapa waktu lalu, Herlina menampiknya.

"Tidak ada (kontak). Sabtu kemarin H datang ke RSUD Beltim dengan keluhan demam jadi saat diswab antigen hasilnya positif dan diputuskan dirawat," kata Herlina.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Manggar Feri Hasibuan mengatakan swab massal ini dilakukan demi kebaikan bersama. Karena ia menilai bahwa ketika pedagang ada yang positif maka bisa berdampak pada pendapatan pedagang sehari-hari.

"Kami minta para pedagang untuk kooperatif dengan swab massal ini. Kita perlu tegas dalam pencegahan covid-19 apalagi ini tempat publik yang cukup ramai," kata Feri.

Ia menambahkan besok Selasa (9/3/2021) bakal ada vaksinasi bagi 110 pedagang. Karena itu, dengan swab antigen ini sekaligus juga sebagai pengecekan kondisi tubuh para calon penerima vaksinasi.

"Semoga besok bisa lancar dan sukses program vaksinasi kepada para pedagang di Pasar Manggar," harap Feri. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved