Breaking News:

Berita Belitung

Keberangkatan Calon Jemaah Haji Belum Ada Kepastian, Sekjen Kementerian Agama Minta Bersabar

Jadi untuk keberangkatan haji sampai saat ini belum ada kejelasan. Jadi kami sarankan kepada calon Jamaah agar bersabar

ABDEL GHANI BASHIR/AFP
Mekkah dan Madinah Ditutup Penuhkarena merebaknya virus corona. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Prof Dr H Nizar Ali.,M.Ag mengatakan, untuk kejelasan keberangkatan Jamaah Haji di Indonesia, hingga sekarang belum ada keputusan. Lantaran Pemerintah Arab Saudi saat ini masih dalam suasana memerangi pandemi covid-19.

"Jadi untuk keberangkatan haji sampai saat ini belum ada kejelasan. Jadi kami sarankan kepada calon Jamaah agar bersabar, karena kami masih melakukan komunikasi insentif dengan Pemerintah Arab Saudi melalui kedutaan besar," kata Nizar kepada Posbelitung.co, senin (8/3/2021).

Kata dia, pada persoalan haji ini, terdapat tiga kemungkinan skenario akan dilakukan. Skenario pertama, keberangkatan haji tetap dilaksanakan, lantaran asumsi vaksinasi covid-19 berjalan secara efektif.

"Kalau itu Insya Allah akan dilaksanakan (apabila vaksinasi sesuai rencana selesai)," ucapnya.

Namun, apabila vaksinasi tersebut gagal, maka akan dilakukan skenario kedua, yaitu melakukan pembatasan keberangkatan calon Jamaah Haji.

"Nah skenario ketiga, tidak diberangkatkan sama sekali, kalau misalkan virus corona ini semakin menjadi - jadi," jelasnya.

Apabila diputuskan calon Jamaah Haji tidak diberangkatkan sama sekali ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah, maka dipastikan keberangkatan calon Jamaah Haji akan di undur kembali seperti tahun 2020.

"Ya kemungkinan nanti jadwal haji akan mundur semua. Keputusan nya kami tidak bilang berangkat, sebelum ada kejelasan dari Pemerintah. Ini masih punya waktu dan kami masih optimis, karena vaksin sedang proses hingga bulan enam nanti," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved