Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pembangunan Akses Jalan HKM di Belitung Timur Masih Terkendala Prosedur

Pemeritah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) berkomitmen membangun infrakstruktur jalan menuju kawasan wisata yang berada di Kawasan Hutan Kemasyarakat

Posbelitung.com/Disa Aryandi
ILUSTRASI : Akses Jalan 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Pemeritah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) berkomitmen membangun infrakstruktur jalan menuju kawasan wisata yang berada di Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm). Namun rencana itu masih terkendala aturan kehutanan, yang harus melalui beberapa prosedur terlebih dulu, terkait status hutan yang dimaksud.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Idwan Fikri, Selasa (9/3/2021).

"Kalau di Tanjungpandan kan Juru Seberang dengan adanya kehutan sosial dapat diakomodir kegiatan infrastruktur. Jadi kami meminta pendapat dari UPTD Kesetuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Gunung Duren, gimana caranya supaya Kami di Beltim juga dapat legal melakukan kegiatan infrastruktur dilokasi yang HKm itu. Jadi kami belum ada solusi dari mereka, namun kami berprinsip jika hutan itu sudah dipinjamkan ke Masyarakat otomatis infrakstrukturnya perlu untuk diakomodir," kata Idwan saat ditemui diruang kerjanya, siang tadi.

Menurut Idwan, sebelumnya pernah dibahas dalam rapat koordinasi antara Dinas PU, UPTD Kehutanan KPKH Gunung Duren dan perwakilan desa. Rapat tersebut memang belum menemukan solusi atau kesepakatan namun sebagai langkah awal, dinilai cukup membuka ruang rencana pembangunan infrastruktur ke depan.

"Jadi dari kawan-kawan Gunung Duren belum bisa menjawab itu, prosesnya tetap. Bahasa mereka harus ada pinjam pakai, tapi akan lebih mudah karena disitu ada perhutanan sosial, oleh karena itu perlunya sinkronisasi, untuk mencari solusi dengan kawan-kawan di Kehutanan," ujarnya.

Menurutnya jangan sampai bila dilaksanakan pembangunan inrastruktur di kawasan tersebut malah menjadi bermasalah.

Intinya Pihak PU berprinsip sesuai Nawacipta Presiden RI, supaya dapat menyediakan infratruktur untuk kesejahteraan masyarakat.

"Nah itu komitmen kami di pemeritah daerah. Apalagi di refocusing kali ini sudah dapat intruksi dari bapak bupati jangan sampai mencoret dana infrakstruktur demi kepentingan masyarakat," ujarnya.

Pada akhirnya, dia berharap, adanya solusi-solusi yang didapat ke depanya, beberapa jalan seperti di jalan menuju Batu Pulas, Jalan Selindang dan Jalan Sabang Ru dapat terealisasi sesuai harapan. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved