Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Wali Kota Pangkalpinang Minta Dukungan DPR RI, Jadikan Pangkalpinang sebagai Fish Market

Keinginan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil untuk menjadikan Kota Pangkalpinang sebagai fish market disampaikan pada saat audiensi langsung  dengan

Ist/Humas Pemkot Pangkalpinang Iwan
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) 

POSBELITUNG.CO -- Keinginan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil untuk menjadikan Kota Pangkalpinang sebagai fish market internasional disampaikannya pada saat audiensi langsung  dengan komisi IV DPR RI, di Gedung Busantara II DPR RI Jakarta, Jumat (12/3/2021).

Molen sapaan akrabnya, mengaku sangat termotivasi ingin membuat fish market internasional di Kota Pangkalpinang, sebab Provinsi Bangka Belitung sendiri memang belum memiliki fasilitas sektor perikanan yang memang bisa mendukung dan mengembangkan perikananan di Provinsi Bangka Belitung.

"Kami sudah mengajukan di tahun 2021 ini terkait beberapa progran kepada Kementrian KKP, pertama soal pembangunan TPI yang didukung dengan keberadaan cold storage, pembangunan balai benih ikan lokal, pasar ikan modern dan central kuliner, semua ini sudah kita siapkan dengan beberapa sarana prasarana," sebut Molen dalam paparanya bersama DRP RI.

Menurut Molen,untuk lokasinya juga sudah ia siapkan, untuk lahan sektor perikanan tangkap yang luasnya kurang lebih 1 hektar lokasinya berdampingan dengan TPI yang ada sekarang..

Sementara balai benih ikan lokal 15 hektar, pasar ikan modern kurang lebih 6 hektar, dan lokasi central kuliner perikanan sebesar 3,5 hektar yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Depati Amir.

Menurutnya, untuk kesiapan semua itu surat permohonan bantuan sudah disampaikan kepada Kementerian Keluatan dan Perikanan. 

Selain itu total alokasi anggaran feasibility study sudah disiapkan semua sebesar Rp 500 juta di tahun 2020.

"Artinya semua sudah selesai kita rencanakan, jadi potensi perikanan sekarang dari semua itu berbicara masalah global dan garis besarnya, kami harapkan internasional fish market di kota Pangkalpinang bisa membackup semua di Bangka Belitung," ungkap Molen.

Ia menilai, potensi perikanaan di wilayah Bangka Belitung sendiri memang sangat besar.

Untuk di Pangkalpinang sendiri jumlah nelayan ada sekitar 1.272 orang, dan seprovinsi Bangka Belitung ada 44 .689 orang.

Tangkapan layar Live bersama Bangka Pos dsri gedung nusantara II DPR RI Jakarta
Tangkapan layar Live bersama Bangka Pos dsri gedung nusantara II DPR RI Jakarta (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)
Halaman
1234
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved