Breaking News:

Info Kesehatan

3 Langkah Mengatasi Asam Urat di Rumah, Mudah dan Murah Tanpa Obat

Menghindari pemicu dan menjalankan diet asam urat yang baik adalah pengobatan yang penting.

fizkes
Minum banyak air penting untuk fungsi ginjal yang dapat mengatasi asam urat. 

POSBELITUNG.CO - Penyakit asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Akibatnya terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi (peradangan) pada persendian (artritis).

Gout yang kronis (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat baik di dalam maupun di sekitar persendian. Pada akhirnya hal ini dapat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Gejala asam urat (gout) yang umunya dirasakan oleh penderitanya, panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba.

Persendian yang sering mengalami serangan adalah persendian kecil seperti ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat tubuh memetabolisme substansi yang dinamakan purin. Purin bisa ditemukan di beberapa jenis makanan dan minuman -seperti di alkohol, hati, daging, dan seafood.

Penyakit asam urat timbul saat asam urat di tubuh menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh.

Saat tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat, maka yang selanjutnya akan terjadi adalah penumpukan yang membentuk kristal- kristal asam urat. Penumpukan bisa terjadi di sekitar sendi dan ginjal.

Beberapa penyebab asam urat adalah kegemukan, tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan ginjal, memiliki riwayat penderita asam urat (gout) dalam keluarga, dan lain-lain.

New England Journal of Medicine (NEJM) pada edisi April 2019, memberikan tips mengatasi asam urat tanpa pergi ke dokter dan tanpa obat.

Halaman
123
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved