Breaking News:

Bupati Belitung Sebut Berbagai Potensi di Daerah Akan Dikelola BUMD, Ini Alasannya

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, berbagai potensi daerah telah direncanakan bakal dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Posbelitung.co/dokumentasi
Bupati Belitung H Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, berbagai potensi daerah telah direncanakan bakal dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Berbagai potensi itu, sekarang ini sedang dibicarakan atau diproses oleh Pemerintah Pusat.

Satu di antaranya potensi tersebut tentang pengelolaan pelabuhan. Pelabuhan Tanjung RU dan Tanjung Batu Kecamatan Badau, menjadi prioritas dikelola oleh BUMD

"Itu menjadi project pilot dari Pemerintah Pusat. Sekarang ini dari pusat secara regulasi sedang memproses itu, jadi semua pelabuhan nanti dikelola BUMD," kata Sanem kepada posbelitung.co, senin (15/3/2021).

Urusan administrasi penyerahan pengelolaan Pelabuhan Tanjung RU dan Tanjung Batu kepada BUMD, sekarang ini sedang dalam proses. 

"Belitung sudah punya BUMD PT Tanjung Batu Port, itu nanti yang mengelola. Jadi tidak ada lagi nanti pelsus (pelabuhan khusus), semua harus dikelola BUMD," ucapnya.

Alasan semua urusan kepelabuhanan harus dikelola BUMD, lanjut Sanem, lantaran ada potensi sangat besar bisa menghasilan pendapatan daerah.

Potensi tersebut harus dimaksimalkan kembali, dalam rangka kemandirian daerah dan peningkatan ketahanan pangan.

"Arahan pusat seperti itu, jadi kalau terdapat potensi daerah, harus dikelola oleh daerah.  Termasuk sekarang ini, pelabuhan nusantara Tanjungpandan ingin ditingkatkan menjadi pelabuhan Samudera. Itu arah pengelolaan juga akan di kelola BUMD," jelasnya.

Menurut Sanem, berbagai potensi sumber pendapatan daerah, sekarang ini sudah menjadi arahan Pemerintah Pusat agar orentit dikelola atau dikembangkan oleh BUMD.

Dari BUMD tersebut, kata dia, berhubungan pula dengan pengembangan BUMDes pada Pemerintah Desa (Pemdes). 

"Ini harus diperkuat kedepan, maka dari itu BUMD dan BUMDes dari sekarang harus memulai bersinergi dan saling menguntungkan. Termasuk nanti PDAM diganti perusda (Perusahaan Daerah) Batu Mentas, dan itu sekarang sedang pengembangan," pungkasnya. (posbelitung.co/disa aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved