Breaking News:

Berita Belitung Timur

Anggota Kepolisian Dilarang Jual Senjata Api, Kapolres Belitung Timur Sebutkan Sanksinya  

Kapolres Belitung Timur (Beltim), AKBP Jojo Sutarjo, Senin (22/3/2021)  mengingatkan anggotanya agar tidak menyalahgunakan bahkan menjual senjata api

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kapolres Belitung Timur (Beltim), AKBP Jojo Sutarjo, Senin (22/3/2021)  mengingatkan agar anggotanya tidak menyalahgunakan bahkan menjual senjata api (Senpi) yang dibekalkan dalam pelaksanaan tugas. 

Sejauh ini pihaknya sudah melaksanakan pengawasan secara berkala, periodik dan ketat, khususnya bagi anggota yang dibekali senjata api yang dimaksud.

"Kami selalu mengecek masa berlaku pinjam pakai senjata api pada anggota. Jadi saya tegaskan jangan ada anggota yang menyalahgunakan ataupun menjual senjata api," kata AKBP Jojo saat dihubungi Posbelitung.co, Senin (22/3/2021).

Begitu juga pada para perwiranya agar peduli dan perhatian pada anggota. Apabila anggota yang dibekali senjata api, memiliki masalah rumah tangga atau masalah pribadi harus segera ditarik senjata apinya.

Perwira berpangkat melati dua asal Kuningan Jawa Barat ini bilang hal tersebut dilakukan agar senjata api tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau hal negatif yang bisa berdampak pada keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam hal pinjam pakai senjata api, pihaknya menerapkan beberapa syarat, yaitu harus lolos tes psikologi dan anggota tersebut berada di fungsi operasional sesuai urgensi dan angka kerawanan pada saat anggota melaksanakan tugas sehingga perlu dibekali senjata api.

"Selain itu senjata api ini harus dibekali untuk anggota dengan fungsi pengawasan yang melekat yaitu pengamanan internal seperti provos dan siwas," ujar kapolres.

Sementara itu, ketika anggota ketahuan melakukan hal yang tidak semestinya terhadap senjata api ini akan langsung diberhentikan secara tidak hormat dari korp kepolisian.

Penegasan ini diutarakan Kapolres, seiring adanya lima anggota Polda Babel yang diberhentikan secara tidak hormat setelah ketahuan menjual senjata api. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved