Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Percepat Penanganan Covid-19, Pemkot Pangkalpinang Bangun Laboratorium Biomolekuler

Pemerintah Kota Pangkalpinang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp43.725.589.207,00 untuk penanganan Covid-19.

Ist/Humas Pemkot Pangkalpinang Iwan
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) 

POSBELITUNG.CO, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp43.725.589.207,00,- dengan realisasi Rp36.847.304.008,59,- atau 84.27 persen untuk penanganan Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil saat rapat Paripurna dalam agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2020 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (15/3/2021).

Rapat paripurna ini dibuka oleh Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza.

"Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam penanganan Covid-19 berfokus pada
penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan penyediaan social safety net, sehingga
pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran 2020 tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," ujar pria yang kerap disapa Molen.

Sepanjang Tahun 2020, Pemerintah Kota Pangkalpinang telah menerapkan berbagai upaya dan kebijakan menangani pandemi Covid 19 dengan titik berat pada bidang kesehatan.

Hal itu terlihat dengan dilakukannya pembentukan Gugus Nota Pengantar LKPJ Walikota Pangkalpinang Tahun Anggaran 2020..

Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Keputusan Wali Kota Pangkalpinang Nomor 275/KEP DinkesPPKB/III/ 2020, Kampanye 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) yang dilakukan secara terusmenerus.

"Sementara itu terkait dengan percepatan penanganan Covid -19, saat ini Pemerintah Kota Pangkalpinang telah membangun Laboratorium Biomolekuler di UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kota Pangkalpinang, sehingga Kota Pangkalpinang telah memiliki fasilitas tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendiagnosis penyakit Covid-19 secara langsung," jelas Molen.

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat bidang kesehatan, Pemerintah Kota Pangkalpinang kembali membangun dua (dua) puskesmas yang representatif yaitu Puskesmas Melintang dan Puskesmas Girimaya setelah tahun sebelumnya Puskesmas Tamansari dan Puskesmas Pangkalbalam.

"Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat antara lain misalnya pada tahun 2020 kami menyediakan dua rumah singgah di Jakarta dan Palembang yang baru saja diresmikan, yang dapat digunakan masyarakat yang sakit dan ingin berobat ke daerah tersebut dan membutuhkan tempat tinggal," kata Molen.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fitriadi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved