Breaking News:

Berita Belitung Timur

Dindik Beltim Dorong PKBM Laksanakan Pendidikan Vokasi Seperti Pelatihan Montir Mobil dan Menjahit

PKBM di Belitung Timur akan didorong menyelenggarakan pendidikan vokasi seperti pelatihan montir mobil, menjahit dan lainnya.

Pos belitung/suharli
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Amrizal. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Amrizal mengakui pelaksanaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) memang terganggu karena pandemi Covid-19.

Kendati demikian, kata Amrizal, PKBM akan didorong menyelenggarakan pendidikan vokasi seperti pelatihan montir mobil, menjahit dan lainnya.

"Sekarang belum dilakukan, masih taraf mengentasan pendidikan paket, memang sekarang ini harus menggalakkan pendidikan vokasi yang diselenggarakan di PKBM atau SKB," ujar Amrizal Rabu, (24/3/2021).

Selain keberadaan PKBM, Dindik kini sedang berupaya mendirikan SKB yang disiapkan di Kecamatan Damar.

"Beltim belum mempunyai SKB. sehingga kita harapkan di masa kepemimpinan yang baru menjadi target Dindik untuk adanya SKB," ujarnya

Saat ini ada empat PKBM di Belitung Timur dimana fokus pada penuntasan lama sekolah agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat, adapun empat PKBM yang sudah berjalan adalah Kecamatan Manggar, Gantung, Dendang dan Kelapa Kampit.

"Seiring dengan misi Kepala Daerah yang baru, ingin meningkatkan lamanya masa sekolah masyarakat Beltim secara umum. Sekarang masih di kisaran 8,7 tahun, masyarakat Beltim masih setingkat SMP. Nah seiring dengan itu, jadi Dindik akan meningkatkan dan mengintensifkan PKBM," ujarnya.

Amrizal menjelaskan, PKBM beda dengan sekolah biasa Pendidikan di PKBM melaksanakan ujian sebanyak dua kali dalam setahun.

Dia mengatakan, jangan samakan paket dengan sekolah, karena mereka pendidikan informal ada pamong belajarnya.

"Peserta didik PKBM juga tidak perlu masuk kelas setiap hari namun ada jadwal yang disusun klasikal, kelompok atau mandiri. Mereka belajar melalui modul,"bebernya.

(posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved