Breaking News:

PAUD Terpadu Karakter Belitung Hijau Resmi Dibuka, Utamakan Pendidikan Karakter Berbasis Lokalitas

PAUD Terpadu Karakter Belitung Hijau Diresmikan. PENDIDIKAN Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Karakter Belitung Hijau di Perumahan Belitung Regency, Desa

Editor: Fitriadi
Pos belitung/Adelina Nurmalitasari
PEMOTONGAN pita sebagai simbolis peresmian PAUD Terpadu Karakter Belitung Hijau di kompleks Perumahan Billiton Regency, Desa Aik Rayak, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (25/3/2021). 

POSBELITUNG.CO - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Karakter Belitung Hijau di Perumahan Belitung Regency, Desa Aik Rayak, Tanjungpandan, Belitung, resmi dibuka, Kamis (25/3/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut dihadiri Staf Ahli Perekonomian, Pembangunan, dan Kesra Setda Belitung Haziarto, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Juhri Larisa beserta jajaran, Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung Abdul Hadi Adjin, dan Ketua Dharmawanita Persatuan Kabupaten Belitung Anna Hendra Caya.

Pengelola PAUD Terpadu Karakter Belitung Hijau Surdiana mengatakan, berdirinya lembaga tersebut merupakan inisiatif dia bersama suaminya, Juniarto.

Selama beberapa tahun, upaya yang dilakukan yakni berkoordinasi bersama berbagai pihak mulai dari desa hingga dinas pendidikan.

Adapun fokus pendidikannya yakni mendidik karakter siswa berdasarkan lokalitas budaya Belitung.

“Maksud dan tujuan yayasan dan guru semua sekolah di Indonesia semuanya sama, semua mengharapkan anak berkarakter baik, disiplin, berterima kasih ketika menerima sesuatu, dan meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Ditambah mereka juga mempelajari adat istiadat Belitung,” katanya..

Kecintaan terhadap budaya dan adat istiadat ini tercermin dari adanya tembok berbicara, yakni tembok yang diwarnai dan ditulis menggunakan Bahasa Melayu Belitung. Juga beragam ornamen dekorasi sekolah yang menonjolkan lokalitas Negeri Laskar Pelangi.

Semua itu dilakukan agar menanamkan kecintaan dan kebanggaan anak terhadap daerahnya sendiri sehingga meskipun ke depan mereka kuliah atau menempuh pendidikan di luar daerah, kecintaan terhadap kampung halaman tetap tertanam.

“Apalagi di usia emas, pendidikan yang diberikan pada anak akan terus diingatnya hingga nanti dewasa,” ucapnya.

PAUD Terpadu Karakter Belitung Hijau memiliki tiga kelas, yakni kelompok TK A, TK B, dan KB (kelompok bermain).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved