Breaking News:

Virus Corona

Apakah Orang yang Sudah Disuntik Vaksin Covid19 Kebal Virus Corona?

Sudah divaksin bukan berarti kebal virus dan bisa ngumpul-ngumpul tanpa protokol kesehatan, lho! Vaksinasi memang membentuk antibodi

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Vaksinasi Covid-19 kepada anggota dewan di Puskesmas Tanjungpandan, Belitung, Jumat (12/3/2021). 

POSBELITUNG.CO - Orang yang sudah disuntik vaksin covid-19 tidak serta merta kebal dari virus corona.

Vaksinasi memang membentuk antibodi, namun orang yang sudah disuntik vaksin covid-19 tetap saja bisa terpapar Covid-19.

Untuk itu orang yang sudah pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tetap tidak boleh menggugurkan penerapan protokol kesehatan dan tetap jaga imun tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasca suntik vaksin Covid-19, tubuh tidak bisa langsung membentuk antibodi terhadap virus. Butuh jeda waktu bagi tubuh untuk membentuk antibodi terhadap virus pasca vaksinasi.

Baca juga: Ternyata Ini Kegunaan Sertifikat Vaksin Covid, Bolehkah Diunggah di Medsos?

Untuk itu, pasca vaksinasi, kamu tetap tidak boleh lengah menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan menjaga asupan yang bernutrisi. Untuk memaksimalkannya, kamu juga bisa menerapkan beberapa kebiasaan sederhana yang jaga imun tubuh.

 Tidur nyenyak

Mentang-mentang sudah vaksin jangan lagi acuhkan kualitas tidurmu. Melansir dari Healthline, tidur nyenyak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mampu meningkatkan sel T yang melawan infeksi.

Tidur yang nyenyak dapat meningkatkan kemampuan sel T untuk melekat dan menghancurkan sel yang terinfeksi virus dan patogen lain.

Berjemur

Berjemur atau cukup terpapar sinar matahari ternyata berperan penting lho untuk menjaga imun tubuh. Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof.dr. Madarina Julia, Sp. A (K), MPH., Ph.D., mengatakan bahwa tubuh manusia membutuhkan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh.

Baca juga: Pasien Covid-19 Berusia 20 Tahun Meninggal saat Melahirkan, Bayi Selamat dan Tidak Terpapar Corona

Halaman
123
Penulis: tidakada008
Editor: Fitriadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved