Breaking News:

advertorial

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono Buka Turnamen Mancing de Belitong 2021  

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono membuka secara resmi turnamen Mancing de Belitong 2021 yang diadakan di Desa Pulau Seliu,

posbelitung.co
Bupati Belitung Sahani Saleh bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, juga Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah saat membuka turnamen Mancing de Belitong 2021 di Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Jumat (26/3/2021). (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)   

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono membuka secara resmi Turnamen Mancing de Belitong 2021 yang diadakan di Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Jumat (26/3/2021).

Menteri Sakti didampingi Bupati Belitung Sahani Saleh, juga Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah memukul rebana, menandakan dibukanya turnamen yang diikuti 60 peserta itu.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Sahani Saleh menyampaikan bahwa event Mancing de Belitong merupakan event rutin sebagai upaya mempromosikan sport fishing dan wisata bahari.

Diadakan dua kali setiap tahunnya, baik di wilayah utara dan selatan Pulau Belitung, Mancing de Belitong selalu disertai animo luar biasa oleh para angler lokal hingga nusantara.

"Minatnya luar biasa, setiap tahun membludak, tahun ini dibatasi karena masih pandemi," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Sanem ini juga bersyukur bahwa acara turnamen mancing ini dihadiri dan didukung Menteri Sakti. Apalagi sosok menteri KKP itu sudah akrab dengan Belitung. Karena sebelum menjabat sebagai menteri, ia merupakan orang yang mendukung Geopark Belitong.

"Pak menteri bukan hanya kali ini, beliau ini dikenal sebagai bapak Geopark Belitong. Yang mendukung Geopark Belitong tak lepas dari sosoknya, bahkan sebelum beliau menjadi menteri. Beliau sudah menjadikan Belitung sebagai kampung sendiri," kata Sanem.

Ia juga menuturkan bahwa warga Desa Pulau Seliu sebagian besar hidup sebagai nelayan. Dalam masa pandemi Covid-19, nelayan termasuk pekerjaan yang turut memberikan kontribusi terhadap perekonomian, karena ekspor ikan masih terus dilakukan sehingga pertumbuhan ekonomi masih bisa dipertahankan agar tidak terlalu menurun.

Ke depan sesuai rencana, bahwa laut dikembangkan bukan hanya semata produksi perikanan tapi juga pariwisata. Sehingga di sini bisa snorkeling, diving karena masih banyak terumbu karang yang indah. Selain di utara, kini pengembangan pariwisata pun mulai digarap di wilayah bagian selatan Pulau Belitung.

Selanjutnya banyak hal pengembangan Belitung ke depan karena Pulau Belitung potensi perikanan luar biasa. Saat ini, lanjut Sanem, pemerintah daerah sedang menggarap pelabuhan yang akan diperpanjang serta akan membangun pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Seliu yang berada di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong. 

"Pak Menteri akan membuat rencana pengembangan perikanan wilayah barat akan diadakan pusat pengembangan dikelautan bukan hanya perikanan tangkap, tapi juga budidaya bahkan industri perikanan ada di Belitung. Terima kasih Pak Menteri," kata Sanem.(Posbelitung.co/Adv/Adelina)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved