Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Penyintas Covid-19 Bisa Donorkan Darahnya Setelah Dua Pekan Dinyatakan Sembuh  

Pasien Covid-19 dilarang donor darah agar Virus Corona tak menyebar ke orang lain. Pasien Covid-19 tersebut baru diperbolehkan donor darah setelah 14

posbelitung.co
Pegawai UPTD PMI Kabupaten Belitung saat memeriksa darah, Seni (29/3/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pasien Covid-19 dilarang donor darah agar Virus Corona tak menyebar ke orang lain. Pasien Covid-19 tersebut baru diperbolehkan donor darah setelah 14 hari dinyatakan sembuh atau dua pekan setelah dinyatakan bebas gejala.

Ini berlaku bagi semua para penyintas (Mantan Pasien Covid-19), baik orang tanpa gejala atau dirawat dalam kategori ringan, sedang, berat atau kritis yang kemudian sembuh.

"Sedangkan bagi yang menjalani perawatan di rumah sakit di mana selama perawatan menerima transfusi komponen darah atau plasma konvalesen baru boleh donor darah setelah tiga bulan sembuh," ujar Kabid Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung, Hawani, Senin (29/3/2021).

Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Pengurus Pusat PMI Nomor 0337/UDD/III/2021. Berdasarkan surat ini disebutkan bahwa pendonor dapat mendonorkan darah setelah dua pekan setelah penyuntikan vaksin dosis kedua.

Kemudian, pada surat yang ditanda tangani Ketua Unit Donor Darah (UDD) PMI Pusat dr Linda Lukitari Waseso itu juga mengatur pemberian vaksin bagi Penyintas Covid-19 yang sudah sembuh, yakni Penyintas Covid-19 yang telah sembuh minimal tiga bulan baru dapat divaksinasi.

Selanjutnya Hawani juga menyampaikan bahwa saat ini stok darah yang ada di PMI Kabupaten Belitung menipis. Setiap harinya sudah banyak relawan pendonor yang datang, namun permintaan darah setiap harinya juga banyak.

"Sebenarnya yang donor banyak. Dalam Maret ini saja sudah ada 354 pendonor," ucapnya.

Kini stok darah yang ada di PMI Kabupaten Belitung antara lain golongan darah A sebanyak 1 kantong, B ada dua kantong, AB ada tujuh kantong, dan darah O sebanyak dua kantong.

Sejauh ini, buat pemenuhan kebutuhan darah, kata dia, yakni meminta keluarga pasien yang membutuhkan darah agar donor atau menyebarkan informasi melalui media sosial.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengadakan bakti sosial donor darah. Satu di antaranya pada acara donor darah pada Kamis (1/4/2021) di Hotel Max One Belstar Belitung Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan Belitung.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved