Breaking News:

Terusan Suez Ditutup, Ada Dugaan Penyebabnya Bukan Angin dan Badai Pasir

Kabar terbaru mengenai krisis Terusan Suez menyebutkan, penyebab kapal raksasa Ever Given tersangkut di kanal itu kemungkinkan bukan faktor alam.

Penulis: tidakada008 | Editor: Tedja Pramana
AFP/Suez CANAL
Foto yang dirilis Otoritas Terusan Suez pada 26 Maret 2021 menunjukkan kapal keruk coba membebaskan MV Ever Given (Evergreen) milik Taiwan yang kandas. Kapal sepanjang 400 meter dan lebar 59 meter itu tersangkut ke samping sehingga menghalangi semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir. 

POSBELITUNG.CO - Kabar terbaru mengenai krisis Terusan Suez menyebutkan, penyebab kapal raksasa Ever Given tersangkut di kanal itu kemungkinkan bukan faktor alam.

Kesalahan manusia atau teknis diduga menjadi penyebab kapal kontainer besar itu kandas di Terusan Suez yang menimbulkan penumpukan lebih dari 300 kapal.

Kepala Otoritas Terusan Suez Mesir, Osama Rabie memperkirakan kapal tersebut bisa mengapung lagi pada Minggu malam waktu setempat 28 Maret 2021.

 Krisis Terusan Suez telah melumpuhkan rantai pasokan global dari barat ke timur dan sebaliknya.

Musibah kapal Ever Given sudah memaksa perusahaan kargo memilih antara menunggu atau mengubah rute kapal di sekitar ujung selatan Afrika dengan biaya sangat mahal.

Para pejabat berwenang sebelumnya menyalahkan embusan angin berkekuatan 40 knot dan badai pasir sebagai penyebab kapal Ever Given tersangkut hingga membuat Terusan Suez macet.

Namun, Rabie mengatakan angin kencang dan faktor cuaca tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas insiden itu.

"Mungkin ada kesalahan manusia atau teknis," kata Rabie seperti dilansir dari AFP pada Sabtu 27 Maret 2021.

Ditanya kapan kapal itu akan dibebaskan, dia menyuarakan nada optimistis.

"Bisa selesai hari ini atau besok (Minggu hari ini), tergantung daya respons kapal" terhadap pasang surut," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved