Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Desa Wisata yang Kreatif dan Inovatif

Sahani Saleh mengajak masyarakat di lingkup Desa wisata se-Kabupaten Belitung, untuk menjadi masyarakat yang kreatif, inovatif dan sadar wisata.

posbelitung.co/suharli
Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menandai pembukaan festival desa wisata Se-Nusantara, Selasa (30/3/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pukulan beduk oleh Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menandai pembukaan festival desa wisata Se-Nusantara, di Pantai Tanjungpendam, Belitung, Selasa (30/03/2021).

Dalam sambutannya orang nomor satu di Belitung itu mengajak masyarakat di lingkup Desa wisata se-Kabupaten Belitung, untuk menjadi masyarakat yang kreatif, inovatif dan sadar wisata yang mampu menciptakan iklim, kondusif serta mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan.

Pemerintah daerah optimis pada masyarakat yang sadar wisata. Diharapkan seluruh program yang dilaksanakan akan menjadi daya tarik bukan hanya meningkatkan kunjungan wisatawan namun diharapkan sektor Pariwisata yang ditetapkan sebagai leading sector sebagai penghasil devisa utama negara serta membuka lapangan kerja yang luas.

"Upaya-upaya dalam mendukung pengembangan parisiwata perIu dilaksanakan dengan menggali setiap potensi yang dimiliki oleh daerah dan wilayah, baik potensi alam maupun potensi lainnya, khususnya pada masa Pandemi Covid-19 saat ini," ujar Sanem, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, desa wisata merupakan salah satu potensi yang harus dikembangkan dengan menanamkan kesadaran kepada setiap masyarakat terhadap pentingnya peranan masyarakat

Dia mengatakan, masyarakat dapat berbenah menunjukkan kelebihan yang dimiliki seperti menyiapkan akomodasi berupa homestay, mengolah UKM dalam bentuk kuliner asli daerah dan oleh-oleh serta pengembangan objek-objek wisata desa yang terbaru dan Iainnya.

"Melalui kesadaran dan peran serta masyarakat Desa diharapkan bukan hanya turut mendukung Pemerintah Daerah, namun akan berdampak positif terhadap bertambahnya peluang usaha dan kerja yang berkelanjutan di tengah masyarakat, sehingga masyarakat dapat ikut meningkatkan kesejahteraan hidup," ucpanya.

Festival desa wisata Se-Nusantara kali pertama dilaksanakan oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Belitung. Diharapkan bisa menjadi pilot project bagi daerah lain, hal itu disampaikan oleh ketua umum Masata Kabupaten Belitung, Didin.

Pembukaan festival desa wisata se-nusantara dilaksanakan di pantai Tanjungpendam, Belitung, dengan menampilkan tarian adat dari beberapa sanggar tari baik dari Belitung maupun dari daerah lainnya.

Didin menyampaikan saat rakernas Masata beberapa waktu lalu yang ikuti 175 peserta, dari Belitung menyampaikan siap melaksanakan event nasional yang diikuti desa wisata se-nusantara, yang ternyata disambut baik oleh semua peserta.

"Even ini akan menjadi kalender tahunan dari Masata, dari seluruh Masata seluruh Indonesia ini Belitung Merupakan pilot project. Ini merupakan embrio akannya muncul event-event lain didaerah lain. Jadi ini merupakan kali pertamanya Se-Indonesia dan Belitung sebagai penyelenggara," ujar Didin kepada posbelitung.co,Selasa (30/3/2021).

Jumlah peserta kegiatan ini sekitar 150 peserta Terdiri dari beberapa elemen organisasi dan masyarakat, seperti perwakilan DPP MASATA, perwakilan DPD/DPC MASATA seNusantara, Pengelola Desa Wisata, Akademisi, Pejabat Publik dan Tokoh Masyarakat, Komunitas Wisata & Travel.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved