Breaking News:

Berita Belitung Timur

Iklim Investasi Belitung Masih Sepi Dampak Pandemi, Pemda Berikan Kemudahan dan Insentif

Semenjak Pandemi Covid-19 melanda setahun lalu, iklim investasi di Kabupaten Belitung ikut terdampak.

istimewa
Kabid Pengendalian, Pelaksanaan Penanaman Modal,  DPMPTSP Kabupaten Belitung Mey Penus. (dok pribadi) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Semenjak Pandemi Covid-19 melanda setahun lalu, iklim investasi di Kabupaten Belitung ikut terdampak.

Akibatnya banyak investor yang mengurungkan niatnya untuk berinvestasi di Negeri Laskar Pelangi.

Padahal semenjak empat tahun lalu pemda telah memberikan berbagai kemudahan dan insentif kepada investor yang termaktub dalam Perda Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi Daerah.

"Jadi memang ada penurunan investasi, karena investor juga berhitung, kalau memulai sekarang bagaimana perkembangannya sekarang. Yang ada saja banyak yang berhenti dulu," ujar Kabid Pengendalian, Pelaksanaan Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Belitung Mey Penus.

Menurutnya bicara investasi, sektor pariwisata masih menjadi unggulan di Belitung khususnya perhotelan.

Disamping itu, investor juga melirik sektor perikanan seperti ekspor hasil laut dan perkebunan skala besar.

Penus menjelaskan semenjak Perda Nomor 8 Tahun 2017 diterbitkan ditambah aturan pelaksanaannya berupa Perbup, belum satupun investor yang mengajukan perijinan.

Sehingga implementasi produk hukum tersebut belum teruji dari sisi kelebiha ataupun kekurangannya.

"Kami menunggu juga pelaku usaha ini datang. Karena memang implementasinya belum ada semenjak perda dan perbup ini diterbitkan," ungkapnya.

Padahal, katanya, Pemkab Belitung termasuk daerah yang pertama memberikan berbagai kemudahan dan insentif bagi investor.

Menurutnya kemudahan yang diberikan seperti fasilitas dan percepatan perijinan sedangkan insentif berupa pembebasan pajak sampai retribusi daerah.

Sehingga diharapkan investasi yang masuk mampu membangkitkan perekonomian Belitung yang kondusif dan semakin membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depan banyak investor yang tertarik berinvestasi di Belitung. Karena dampaknya memang sangat diharapkan bagi pertumbuhan ekonomi kita," kata Penus. (Posbelitung.co /Dede S)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved