Breaking News:

Berita Belitung

Inilah Strategi Pemerintah Kelurahan Pangkallalang Bangun Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19

Tercatat sebanyak 13.000 jiwa penduduk dan 60 rukun tetangga (RT) di Kelurahan Pangkallalang Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

posbelitung.co
ILUSTRASI: Anggota DPRD Kabupaten Belitung Syukri Gumay bersama Lurah Pangkallalang Lusin Kuswantoro menyerahkan hadiah kepada para pemenang Festival Pangkal Lalang, Sabtu (7/11/2020) lalu. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG --Tercatat sebanyak 13.000 jiwa penduduk dan 60 rukun tetangga (RT) di Kelurahan Pangkallalang Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Terdapat pula berbagai sumber daya alam (SDA) di kelurahan ini, seperti sektor KUKM, industri, perikanan, pariwisata dan pertanian.

Beberapa tahun belakangan, Pemerintah Kelurahan Pangkallalang sedang fokus pada pengembangan sumber daya alam tersebut.

"Seperti meningkatkan sumber daya KUKM, yang sampai sekarang terdata sudah ada sekitar 300 pelaku UKM, dari verifikasi 500 pelaku UKM," kata Lurah Pangkallalang M Lusin Kuswantoro kepada Posbelitung.co, Selasa (30/3/2021).

Saat ini, Pemerintah Kelurahan Pangkallalang juga sudah mempersiapkan berbagai perputaran ekonomi baru di tengah Pandemi Covid-19, termasuk  membuat tempat wisata baru, seperti berwisata menggunakan sepeda.

"Itu diberi nama Pokdarwis, ngumpil de tegil (mengayun sepeda ditanjakan -red). Ini ada kaitan dengan sektor pertanian, jadi nanti bagaimana bersepeda melewati kampung pertanian ini, sehingga bisa orang yang bersepeda juga bisa membeli sayuran di area pertanian tersebut," ujarnya.

Area pertanian itu, berada di Lingkungan Gunung Payung. Sedangkan pengembangan lain, sudah direncanakan central KUKM dan pasar tani di Jalan Hayati Mahim. Area wisata tersebut disebut sebagai pengayauan lekok.

"Jadi nanti di area itu juga akan ada pengembangan hidroponik, tapi sentral pertanian tadi tetap di Gunung Payung," ucapnya.

Sejauh ini kata Lusin, Pemerintah Kelurahan Pangkallalang secara rutin memberikan pembekalan kepada masyarakat setempat, terutama kepada remaja maupun pemuda.

Pembekalan ini berupa pembinaan, agar remaja dan pemuda memiliki skil untuk menempak perekonomian secara mandiri.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved