Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

11 Orang Meninggal di Bulan Maret 2021 karena Covid-19, Bupati Sanem Imbau Tingkatkan Prokes

Terdapat 11 orang di Kabupaten Belitung meninggal dunia setelah terpapar covid-19 kurun waktu bulan Maret 2021 ini.

Pos Belitung/Bryan
Perempuan Positif Covid-19 Swab Antigen di Belitung Timur Meninggal Dunia 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Terdapat 11 orang di Kabupaten Belitung meninggal dunia setelah terpapar covid-19 kurun waktu bulan Maret 2021 ini. Belasan orang itu rata - rata sudah berumur lansia dan satu orang berusia 12 tahun.

Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra mengatakan, di antara 11 orang meninggal dunia itu, disertai komorbid. Rata-rata sudah ke RSUD dalam keadaan sakit disertai penyakit lain.

"Pertama memang ada penyebab infeksi virus covid-19 itu sendiri, kedua ada penyakit bawaan," ucap Hendra kepada Posbelitung.co, rabu (31/3/2021).

Kata Hendra, komorbid biasa ditemukan berupa diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung, penyakit paru kronis.

"Tapi rata-rata usia lansia. Termasuk yang usia 12 tahun datang ke RSUD sudah terinfeksi covid-19, disertai komorbid. Semua yang meninggal dunia secara global sekarang ini ada 23 orang, dan rata-rata ada penyakit bawaan, jenis-jenis penyakitnya seperti tadi," ujarnya.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meminta kepada masyarakat, agar tetap waspada dan memperketat protokol kesehatan (prokes). Ia menganalisa dari kasus sudah terjadi, secara keseluruhan terdapat komorbid.

"Sebetulnya kalau kita menyadari adanya komorbid pada tubuh kita, itu seharusnya prokesnya atau kewaspadaan untuk menghindari penyakit ini agar ditingkatkan," kata Sanem.

Lanjut Sanem, apabila sudah terinfeksi virus corona, orang memiliki penyakit komorbid sulit disembuhkan.

"Apalagi orang itu sudah usia lanjut. Nah  rata - rata usia yang meninggal dunia ini memang usia lanjut. Kalau yang usia 12 tahun itu ternyata dari kecil sampai sekarang sering minum - minuman manis yang berwarna, ini salah satu contoh jangan sampai anak - anak kita diberi minuman seperti itu," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Belitung, kini akan terus dan tidak bosan mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi prokes diberbagai tempat. Terutama apabila pulang dari luar Belitung, diharapkan sebelum masuk ke rumah melakukan swab antigen terlebih dahulu.

"Kalau saya selalu seperti itu, agar bisa menjaga keamanaan keluarga kita juga. Takutnya nanti kalau sudah tertular, ada penyakit komorbid itu yang sulit," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved