Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Instruksikan OPD di Belitung Timur Beli Beras Danau Nujau untuk Pegawai Pemkab  

Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin mengeluarkan Surat Edaran Nomor 015/SE/VIII/2021 tentang imbauan mengonsumsi beras lokal.

posbelitung.co
Bupati Burhanudin didampingi Kadistangan Trijaka saat meninjau Pasar Tani, Rabu (31/3/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin mengeluarkan Surat Edaran Nomor 015/SE/VIII/2021 tentang imbauan mengonsumsi beras lokal.

Imbauan ini ditujukan khususnya kepada pegawai di setiap OPD Pemkab Beltim.

Pegawai diimbau agar mengonsumsi beras lokal hasil produksi petani.

Ditemui Posbelitung.co, Rabu (31/3/2021) seusai peluncuran beras lokal di Halamam Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur, Bupati Burhanudin mengatakan hal ini sebagai wujud nyata dukungan pemerintah dalam mendorong produksi petani lokal.

Dia mengatakan selama ini kendala petani adalah produksi banyak namun sedikit yang membeli. Bupati harap dengan adanya imbauan ini, hasil produksi bisa cepat habis dan perputaran ekonomi bisa terjadi.

"Pemerintah bertanggung jawab memfasilitasi ini. Jadi saya minta ke OPD-OPD untuk koordinasi dengan Distangan berapa kebutuhan beras pegawai di OPD-nya masing-masing," kata Aan sapaan akrabnya.

Saat ditanya mengenai kesiapan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan para pegawai, Aan mengatakan harus siap karena sudah berani menjual berarti harus berani produksi banyak.

"Tadi dikabari produksi per masa tanam lebih dari 600 ton. Saya pikir ini cukup untuk kebutuhan kita. Nanti tinggal para kepala OPD bagaimana menerjemahkan instruksi dan kebijakan kepala daerah ini. Ada niat baik untuk membantu petani kita atau tidak," tambahnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur Trijaka Priyono, Rabu (31/3/2021) mengatakan, produksi hasil petani lokal mencapai lebih dari 600 ton beras per masa tanam dari 265 hektare lahan sawah.

Ia menilai hasil produksi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan para pegawai Pemkab Beltim dan bahkan untuk masyarakat umum.

"Hari ini kita siapkan 15 ton dulu. Nanti akan kami data tiap OPD butuh berapa dan nanti akan kami koordinasikan ke petaninya," kata Trijaka.

Aparatur sipil negara (ASN) kata Trijaka, seharusnya ada rasa memiliki atas produk lokal dari daerah sendiri.

Sehingga nantinya diharapkan masyarakat bisa mencintai produk lokal. "Lebih jauh kita bisa memajukan petani kita dan menjadikan daerah kita berdaulat pangan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda, Bayu Priyambodo, Rabu (31/3/2021) menyatakan siap untuk menjalankan SE bupati ini. Dia sudah koordinasi dengan Pihak Distangan agar menyiapkan setengah ton setiap bulan untuk para pegawainya di Bappelitbangda.

"Kita berkomitmen mendukung program bupati ini demi menjadikan Belitung Timur sebagai daerah berdaulat pangan dan membuat petani sejahtera," kata Bayu. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved