Breaking News:

Bangkitkan Peran Perempuan dalam Kerukunan Umat Beragama, FKUB Belitung Gelar Dialog Perempuan

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Belitung akan mengadakan dialog perempuan lintas agama pada Sabtu (3/4/2021)

Posbelitung.com/dokumentasi
Ilustrasi - Bangkitkan Peran Perempuan dalam Kerukunan Umat Beragama, FKUB Belitung Gelar Dialog Perempuan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Belitung akan mengadakan dialog perempuan lintas agama di Hotel Fairfield by Marriott Belitung, Sabtu (3/4/2021).

Dialog tersebut bakal menghadirkan Ketua PKK Provinsi Bangka Belitung Melati Erzaldi, Ketua Kementerian Agama Kabupaten Belitung Masdar Nawawi, dan Ketua FKUB Kabupaten Belitung Ramansyah.

"Pembahasan ini terasa relevan dengan kondisi saat ini setelah adanya kasus pengeboman di Makassar dan seorang perempuan terduga teroris yang menyerang Mabes Polri," kata Ketua FKUB Kabupaten Belitung Ramansyah, Kamis (1/4/2021).

Rencananya dialog perempuan lintas agama itu akan berdialog seputar moderasi beragama sebagai perekat kerukunan lintas agama. Serta tantangan kerukunan umat beragama di Kabupaten Belitung hingga penguatan peran perempuan dalam merawat kerukunan umat beragama. 

Acara tersebut juga akan mengundang peserta dari perempuan perwakilan enam agama dan organisasi-organisasi perempuan.

Ramansyah menuturkan, ada tiga indikator kesadaran berdamai dan toleransi. Yaitu membaiknya tingkat toleransi antar umat yang ditandai dengan menghargai perbedaan keyakinan dan tidak saling mencela maupun tidak saling mengganggu aktivitas peribadatan masing-masing.

Kedua yakni kesetaraan bagi umat beragama, artinya setiap umat memiliki kesamaan dalam kenyamanan menunaikan ibadah, tidak ada pilih kasih dalam pelayanan beragama. Ketiga yaitu sejauhmana tingkat kerjasama dibangun dalam situasi sosial misalnya dalam kesehatan dan pendidikan antar umat.

"Ketika semuanya bagus maka bisa dikatakan daerah toleran atau rukun. Karena bahasa lain dari toleransi adalah aman dan nyaman," ucapnya.

Ia berharap melalui dialog perempuan lintas agama ini dapat membangun kekompakan, soliditas beragama, serta dapat menyampaikan pesan-pesan perdamaian oleh komunitas perempuan.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved