Breaking News:

Berita Belitung

Hotel Max One Gelar Bakti Sosial Donor Darah, Tiga Jam Terkumpul 13 Kantong

General Manager Max One Belstar Belitung Anita Silaban mengatakan, bakti sosial donor darah telah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Pendonor saat tengah mendonorkan darah di bus PMI Kabupaten Belitung di Hotel Max One Belstar Belitung, Kamis (1/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bus Palang Merah Indonesia (PMI) terparkir di halaman Hotel Max One Belstar Belitung, Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, Kamis (1/4/2021).

Beberapa pendonor datang, memeriksa tensi dan Hb di teras hotel, ketika dinyatakan normal, barulah memasuki bus buat berdonor darah.

Menurut General Manager Max One Belstar Belitung Anita Silaban, bakti sosial donor darah telah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan.

Dengan menggandeng PMI Kabupaten Belitung, pihak perhotelan juga mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) dan komunitas agar dapat turut dalam aksi tersebut.

"Karena pasti kebutuhan darah ini banyak. Apalagi sebelum sebagian besar masyarakat belum divaksin Covid-19, jadi masih bisa donor darah," ujarnya.

Diharapkan melalui acara ini, ada banyak kantong darah yang terkumpul sehingga bisa bermanfaat bagi orang atau pasien yang membutuhkan.

Apalagi selain berbagi kepada orang yang membutuhkan, donor darah juga dapat dilakukan buat menjaga kesehatan.

General Manager Max One Belstar Belitung Anita Silaban, Kamis (1/4/2021).
General Manager Max One Belstar Belitung Anita Silaban, Kamis (1/4/2021). (Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Sebelum mendonorkan darah, pendonor harus dipastikan dalam kondisi sehat. Makanya ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan pendonor agar kondisi tubuh sehat dan fit.

"Sebelum donor, harus tidur cukup jangan begadang. Paginya juga harus sarapan dulu, intinya menjaga kondisi tubuh," kata Kabid Teknis Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung Hawani.

Kegiatan sosial ini dimulai pukul 08.00 dan direncanakan berakhir pukul 12.00 nanti. Hingga pukul 11.00 WIB, total kantong darah yang didapatkan pada kegiatan tersebut ada sebanyak 13 kantong.

PMI Kabupaten Belitung juga dalam waktu dekat akan ada aksi donor darah pada kegiatan yang diadakan Pemuda Muhammadiyah di Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk pada Sabtu (2/4/2021).

Sebelumnya, Hawani juga menuturkan bahwa berdasarkan surat edaran Pengurus Pusat PMI nomor 0337/UDD/III/2021, bahwa pendonor aktif atau orang yang positif Covid-19 dapat mendonorkan darah setelah 14 hari atau dua pekan setelah dinyatakan sembuh dan bebas gejala.

Ini berlaku bagi semua para penyintas, baik orang tanpa gejala atau dirawat dalam kategori ringan, sedang, berat atau kritis yang kemudian sembuh.

"Sedangkan bagi yang menjalani perawatan di rumah sakit dimana selama perawatan menerima transfusi komponen darah atau plasma konvalesen baru boleh donor darah setelah tiga bulan sembuh," ucapnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved