Breaking News:

Capaian Vaksinasi di Belitung Timur Baru 16,9 Persen, Begini Upaya Percepatannya

Capaian vaksinasi di Belitung Timur berada di angka 16,9 persen per 31 Maret 2021.

Posbelitung.co/dokumentasi
Prosess pemeriksaan kesehatan hingga Vaksinasi bagi komunitas bandara dan pelabuhan Belitung di bandara HAS Hananddjoedin, Senin (29/3/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Capaian vaksinasi di Belitung Timur berada di angka 16,9 persen per 31 Maret 2021. Angka ini dinilai perlu dilakukan percepatan dalam memberikan vaksin kepada sasaran yang sudah ditentukan.

"Percepatan-percepatan ini harus dilaksanakan karena baru 16,9 persen dari total sasaran 18.395 yang sudah divaksinasi," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Sayono kepada posbelitung.co, Kamis (1/4/2021) seusai video conference bersama Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat terkait percepatan vaksinasi di Babel.

Beberapa hal yang akan dilakukan pemda demi meningkatkan capaian vaksinasi adalah menambah jumlah vaksinator agar bisa dibagi ke beberapa tempat yang dekat dengan sasaran vaksinasi.

Selain itu, Sayono bilang pihaknya akan lebih gencar mengedukasi masyarakat supaya mau divaksinasi dalam tujuan terhindar dari efek covid-19.

Ia mengatakan satu kendala dalam pelaksanaan vaksinasi adalah ketersediaan vaksin yang minim dibandingkan animo masyarakat yang tinggi.

"Selain itu juga ada kendala di kesehatan para calon penerima vaksin. Ada yang tensinya tinggi sehingga ditunda dulu. Ada juga yang baru menerima vaksin penyakit lain, dan lainnya," kata Sayono.

Kabid P2P Dinkes-PPKB Beltim Supeni mengatakan minat masyarakat untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi di Belitung Timur. Namun karena ketersediaan vaksin yang terbatas, menjadikan masyarakat tidak bisa difasilitasi semua.

"Sampai 31 Maret 2021 stok vaksin tinggal 38 vial atau 380 dosis. Stok ini akan habis pada Senin besok dan belum tahu kapan lagi akan dipasok dari provinsi," kata Supeni.

Sementara itu, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo yang turut mengikuti vicon dengan kapolda mengatakan akan terus melakukan tugas dan fungsi pengamanan seperti memastikan vaksin tiba ke fasilitas kesehatan secara aman.

Ia juga mendukung dan mendorong terlaksananya program percepatan vaksinasi. Menurutnya hal itu berguna sebagai satu upaya pencegahan memutus mata rantai virus corona.

"Namun tetap diingat walaupun sudah divaksinasi tetap terapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan," kata kapolres.

Capaian vaksinasi di Belitung Timur untuk tenaga kesehatan dosis pertama sudah mencapai 96,1 persen dan dosis kedua yaitu 93,6 persen. Untuk pelayan publik dosis pertama mencapai 19,4 persen dan dosis kedua 11,1 persen. Sedangkan untuk lansia dosis pertama mencapai 4,48 persen. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved