Breaking News:

Pemilik Usaha Urus Izin Merasa Dipersulit, Ini Kata Kabid Pelayanan Perizinan

Satu pemilik tempat usaha di Manggar bernama Rudi mengatakan ia sudah mencoba mengurus izin usaha namun selalu terkendala di tingkat kecamatan.

Ist/Diskominfo Beltim
Beberapa pemilik usaha saat mendengarkan arahan, Kamis (1/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Satu pemilik tempat usaha di Manggar bernama Rudi mengatakan ia sudah mencoba mengurus izin usaha namun selalu terkendala di tingkat kecamatan.

"Sudah pernah coba, urus ke desa oke. Tapi mentok di tingkat camat. Kita bukannya tidak mau mengurus izin tapi di lapangan dipersulit," kata dia saat ditemui awak media pada acara pertemuan dengan Satpol PP membahas tentang izin usaha, Kamis (1/4/2021).

Rudi bilang dia mengapresiasi pertemuan ini supaya pemda juga tahu bagaimana permasalahan yang dihadapi oleh pemilik tempat usaha.

"Ya minta arahannya lah dari pemda jangan kami dipersulit," ujar Rudi.

Ditemui di tempat yang sama, Kabid Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur Mardhia menampik adanya kesan mempersulit dalam pengurusan izin.

Saat ini, Mardhia bilang seluruh proses perizinan sudah bersistem online di Online Single Submission (OSS) sehingga seluruh persyaratan sudah ada di sana. Jika mengurus untuk UMKM sekarang hanya memerlukan surat keterangan usaha dari desa dan NIK, SITU sudah dihapuskan.

"Yang pasti dalam pengurusan izin usaha harus dicocokkan antara tempat usaha dengan permohonan izin usahanya. Kalau usahanya warung kopi berarti masuk ke izin kedai minuman. Tapi kalau juga menjual minuman alkohol masuk ke jenis bar dan itu berbeda standarnya," kata Mardhia. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved