Breaking News:

Babel Merajut Kebhinekaan

Kapolda Babel: Ziarah Kubur Adalah Bentuk Bakti Anak Kepada Leluhur

Kapolda: Saya sudah satu tahun (di Bangka Belitung), saya melihat belum nampak adanya suatu permasalahan yang diakibatkan suku

Dokumentasi posbelitung
Kapolda Babel, Irjen. Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat (baju biru) saat berdialog dengan Bangkapos Group dalam Festival Ceng Beng, Bangka Belitung Merawat Kebhinekaan. Sabtu (3/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - "Kebhinekaan, keberagaman di Republik ini adalah suatu keniscayaan, suatu kenyataan. Janganlah suatu perbedaan dijadikan suatu permasalahan tetapi keberagaman ini jafikan suatu warna yang membuat kehidupan kita semakin indah," ucap Kapolda Babel, Irjen. Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat saat berdialog dengan Bangkapos Group dalam Festival Ceng Beng, Bangka Belitung Merawat Kebhinekaan Sabtu, (3/4/2021).

Berkenaan di Kebhinekaan, dia mengatakan Bangka Belitung terdiri dari berbagai suku yang didominasi dari suku Melayu, kemudian suku tionghoa dan diikuti suku-suku yang lain.

Dari Kepolisian melihat antara masyarakat semua suku yang ada di Bangka Belitung sudah membaur , sudah seperti saudara tidak ada insident maupun accident SARA di Babel

"Saya sudah satu tahun (di Bangka Belitung), saya melihat belum nampak adanya suatu permasalahan yang diakibatkan suku, kalau dilihat beberapa waktu lalu ada kasus pembunuhan oleh suatu suku pada suku orang lain sifatnya perorangan," ucapnya.

Sedangkan masyarakat tionghoa yang sudah lama di Babel sudah membaur dengan masyarakat yang lain, bahkan Polda mengalokasikan agar ada Warga Tionghoa menjadi anggota Polri.

"Memang ada batasnya tidak banyak, tapi kami sesuaikan dengan jumlah. Semua kami rangkul. Sekarang ini banyak juga dari etnis Tionghoa sudah menjadi anggota Polri bahkan sudah ada yang ada jadi Jenderal," ujar Kapolda Bangka Belitung.

Cara Polda Babel merawat kebhinekaan ini menurut Irjen Pol Anang yakni dengan tidak membeda-bedakan, siapapun yang berurusan dengan Polri maupun Polda dengan tidak mengistimewakan apapun, atau disamaratakan semua.

Berkenaan dengan festival Ceng Beng, sehubungan banyaknya etnis Tionghoa yang pulang kampung strategi menjaga keamanannya, Irjen Pol Anang mengatakan sebelumnya sudah pernah dikomunikasikan melalui ketua etnis warga keturunan Tionghoa, dengan cara  mengimbau agar tidak melaksanakan Cengbeng secara beramai-ramai atau berkerumunan karena masih ada pandemi covid-19.

"Namun kami juga tidak bisa menghalangi jika ingin melakukan ceng beng hanya saja disesuaikam dengan protokol kesehatan, bila ada kerumunan tetap akan kami tertibkan. Atau berdoa dari rumah. Sama dengan masyarakat muslim yang nyekar (ziarah kubur) jelang ramadan, karena waktunya hampir bersamaan, kami juga menyarankan agar dilakukan berdoa dari rumah," ujarnya.

"Intinya tetap kami imbau jangan sampai terjadi kerumunan, dan mengutamakan protkes," imbuhnya.

Adanya program Bangkapos Group dalam melaksanakan festival Ceng Beng dengan virtual, disambut baik oleh Polri, dia menyebutkan dari sisi virtual ini memang yang diharapkan saat ini.

Dia menuturkan sari segi keetisan ini adalah suatu tradisi atau budaya yang perlu dilestarikan, misal kalau di Agama Islam menghormati leluluhur adalah bagian dari menghargai orang tua, yang menunjukan anak yang berbakti.

"Ini sama mirip, intinya adalah bagaimana kita menghargai leluhur kita,  bagaimana kita menghargai orangtua kita, itu satu diantara bentuk baktinya seorang anak kepada orang tua. Itu budiperkerti, yang sering dilupakan oleh masyarakat modern sekarang ini," ucapnya.

"Indonesia tidak lahir atau didukung oleh satu kelompok saja, panitia 9 pun juga ada orang Kristennya, pahlawan kita juga ada orang hindu, soal yang banyak kelompok mana karena sesuai dengan jumlah populasi yang ada, kalau saat itu banyak yang muslimnya karena Indonesia banyak orang muslim, tetapi jangan lupa peran peran mereka ini luar biasa, ada banyak tokoh-tokoh yang non muslim ikut berjuang dalam berdirinya negara ini," tutupnya. (posbelitung.co,suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved