Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pemerintah Provinsi Babel Pernah Rencanakan Festival Ceng Beng Namun Tertunda Akibat Pandemi

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2020 lalu sudah pernah menyiapkan rangkaian festival Ceng Beng selama satu minggu

(Screenshot dok Posbelitung)
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman (topi coklat) saat mengikuto dialog festival Ceng Beng secara online bersama Bangkapos Group 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2020 lalu sudah pernah menyiapkan rangkaian festival Ceng Beng selama satu minggu, adanya Festival itu diharapkan bisa menjadi magnet bagi wisatawan berkunjung ke Bangka Belitung.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman bahkan menyebutkan rencananya event dilangsungkan selama satu minggu, dimana EO dan pelaksana kegiatan sudah ada baik di Bangka maupun di Belitung.

"Saat itu tujuan kami untuk mengkolaborasikan dengan kunjungan wisatawan, jadi budaya Ceng Beng konsepnya wisata, namun karena adanya pandemi covid-19 tidak jadi dilaksanakan," ujar Orang Nomor satu di Babel itu, Sabtu (3/4/2021).

Pada 2021 ini, pemerintah Provinsi maupun daerah sudah melakukan penghematan untuk refocusing sesuai petunjuk Presiden guna penanganan covid-19, jadi sambungnya, banyak hal tidak dapat dilaksanakan juga di 2021 terkhusus festival ceng Beng juga.

Dia menggambarkan konsep recana festival Ceng Beng bila terlaksana setelah usai pandemi di antaranya, akan dilaksanakan pesta lampion, parade boneka lampu yang mengelilingi suatu sungai rencananya di Pangkalpinang tepatnya di Sungai Rangkui dan Pasar Ikan, sedangkan di Belitung berkenaan dengan pawai perahu yang dihiasi lampu-lampu lampion, dan ada juga atraksi drone pada malam hari dihiasi lampu.

"Yang diharap bisa menarik wisatawan. Karena budaya yang kuat di Bangka Belitung itu satu di antaranya dari etnis Tionghoa seperti Ceng Beng dan lainnya," ujarnya.

Dia menambahkan budaya yang bagus adalah suatu magnet bagi pengunjung wisata di Bangka Belitung.

"Bagi orang Bangka Belitung ini suatu yang biasa tetapi bagi orang filuar sana ini adalah suatu magnet yang menarik mereka berkunjung," ucapnya.

Saat ditanya kapan dapat direalisasikan, Erzaldi mengaku bila pandemi bisa selesai paling cepat 2022 akan datang sudah bisa dilaksanakan. (posbelitung.co,suharli)

Tags
Cheng Beng
Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved