Breaking News:

Berita Belitung Timur

Herman Sujono Jadi Ketua Karang Taruna Belitung Timur 2021-2026, Begini Programnya   

Karang Taruna Belitung Timur (Beltim) menyelenggarakan Temu Karya ke-III, Sabtu (3/4/2021) di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Kantor Bupati Belitung

istimewa
Herman Sujono (kanan), Oscar Habib (kiri), dan Ketua Karang Taruna Beltim 2016-2021 seusai acara Temu Karya ke-III, Sabtu (3/4/2021). (Ist) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Karang Taruna Belitung Timur (Beltim) menyelenggarakan Temu Karya ke-III, Sabtu (3/4/2021) di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Kantor Bupati Belitung Timur. Dalam rapat organisasi tertinggi ini Herman Sujono dipilih menjadi Ketua Karang Taruna Belitung Timur periode 2021-2026 berdasarkan hasil musyawarah.

Kepada Posbelitung.co, Minggu (4/4/2021), Herman mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini. Dia mengaku ini bukan sebagai beban tapi tanggungjawab yang lebih karena sebelumnya dia hanya menjabat Ketua Karang Taruna Desa Lalang.

"Tentu berbeda tanggungjawabnya mengurus satu desa dibandingkan dengan mengurus 39 desa di tujuh kecamatan. Tapi alhamdulillaah bisa dipercaya oleh rekan-rekan semuanya," ujar Herman yang pada saat pemilihan tepat berulang tahun ke-39 tahun.

Dia menceritakan proses pemilihan mengutamakan asas musyawarah dan mufakat. Pada Temu Karya tersebut ada dua calon yaitu dirinya dan Oscar Habib.

"Namun karena kebesaran hati Oscar Habib dia memilih legowo untuk menyatukan suara memilih saya untuk jadi ketua," ujar Herman.

Setelah menjadi ketua, Herman mengatakan ada beberapa program jangka pendek dan jangka panjang selama ia memimpin organisasi tersebut. Herman bilang program jangka pendeknya ialah membenahi dan mengaktifkan kembali karang taruna di tingkat kecamatan karena menurutnya ada beberapa yang tidak aktif.

"Untuk jangka panjang ia ingin karang taruna tidak kehilangan nafasnya sebagai organisasi sosial yang digerakkan oleh pemuda-pemuda. Nafas sosial harus tampak dan teraplikasi di kehidupan bermasyarakat terutama di desa-desa," ujar Herman yang juga merupakan guru olahraga di SMP Negeri 2 Manggar ini.

Lebih lanjut, lulusan UPI itu mengatakan pemuda-pemuda di Belitung Timur pada dasarnya kreatif apalagi di jaman serba teknologi seperti sekarang. Dia mengatakan karang taruna berusaha memberi ruang dan waktu bagi pemuda agar berkembang di potensinya masing-masing. Namun ia mengharapkan tidak keluar dari nafas karang taruna yang berbasis sosial.

"Pemuda sekarang bisa menghasilkan dari sisi ekonomi dari berbagai jalur. Namun jangan sampai hal ini membuat kita jadi individualis dan money oriented. Itu yang tidak kita harapkan," ujar Herman sembari berharap ke depan Karang Taruna Belitung Timur bisa kompak karena menurutnya tidak mungkin ada kerja hebat kalau tidak ada kesamaan visi dan misi dari para anggotanya.

Dihubungi terpisah, Oscar Habib yang merupakan calon ketua bersama Herman mengaku legowo dan menghargai Herman sebagai kader senior. Dia mengatakan Herman pernah membawa Karang Taruna Desa Lalang menjadi juara tingkat provinsi dan tembus ke tingkat nasional.

"Umur saya yang masih sangat muda yaitu 26 tahun masih banyak kesempatan lain dan masih perlu banyak belajar dari beliau. Juga dalam berorganisasi saya percaya tidak perlu jadi ketua untuk bisa berbuat. Selama niat kita ikhlas untuk berbakti dan mengabdi," kata Oscar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved