Breaking News:

Berita Belitung Timur

Polsek Manggar, Kelapa Kampit dan Dendang Tidak Lagi Berwenang Melakukan Penyidikan, Ini Dasarnya

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (RI), Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan peraturan yaitu kepolisian sektor (polsek) tidak

posbelitung.co
Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo S (Bryan Bimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (RI), Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan peraturan, yaitu  kepolisian sektor (Polsek) tidak lagi berwenang melakukan penyidikan.

Peraturan itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang penunjukan kepolisian sektor hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada daerah tertentu . Artinya Polsek tidak lagi melakukan penyidikan.

"Polsek yang tidak melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya memedomani Surat Kapolri nomor B/1092/II/REN.1.3/2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal direktif Kapolri tentang kewenangan Polsek tertentu," kata Kapolri seperti dalam berkas keputusannya itu yang ditandatangani 23 Maret 2021 lalu.

Di seluruh Indonesia ada 1.062 polsek yang dicopot fungsi penyidikannya dan tiga di antaranya ada di Belitung Timur, yaitu Polsek Manggar, Polsek Kelapa Kampit, dan Polsek Dendang.

Kepada posbelitung.co, Minggu (4/4/2021), Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo mengatakan saat ini hanya Polsek Gantung yang bisa melaksanakan fungsi penyidikan sedangkan tiga polsek lainnya akan dikuatkan fungsi menjaga kamtibmasnya.

"Hal ini sudah melalui beberapa kajian, di antaranya jarak dari polsek ke polres, jumlah laporan polisi yang ada, dan situasi kamtibmas setempat,"  Kapolres.

Seperti Polsek Kelapa Kampit hanya menangani sebanyak lima laporan polisi pada Tahun 2020 dan Polsek Manggar ada tujuh laporan polisi. Kedua polsek ini bisa ditempuh kurang dari sejam dari Polres Belitung Timur. Sedangkan Polsek Dendang hanya ada tiga laporan polisi sehingga bisa dilimpahkan ke Polres jika ada kasus tindak pidana. Semua polsek ini dinilai kapolres masih kondusif untuk situasi kamtibmasnya.

Kapolres menambahkan polsek yang tidak lagi melakukan penyidikan ini nantinya akan lebih fokus dalam fungsi kemasyarakatan seperti memastikan kamtibmas terus kondusif dan isu-isu sekarang seperti penerapan protokol kesehatan, sampai ke pencegahan radikalisme dan terorisme.

"Sesuai dengan arahan Kapolri bahwa kita akan mengedepankan hukum yang berkeadilan yaitu restorative justice. Jadi jika tindak pidana yang kecil-kecil terjadi, polsek setempat bisa langsung menyelesaikannya tanpa harus sampai ke pengadilan," kata Kapolres. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved