Breaking News:

Berita Belitung Timur

Faktor Cuaca, Musim Hujan dan Hama, Panen Lada 2021 Diperkirakan Tidak Akan Banyak

Panen lada tahun 2021 diperkirakan tidak akan banyak, hal itu dikarenakan kondisi cuaca yang terlalu banyak hujan

Posbelitung.co/Suharli
Seorang petani di Desa Bulu Tumbang, Kecamatan Tanjungpadan sedang menjemur lada, setelah proses perendaman lada kemudian dijemur. Selasa (5/4/2021 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Panen lada tahun 2021 diperkirakan tidak akan banyak, hal itu dikarenakan kondisi cuaca yang terlalu banyak hujan sehingga berpengaruh pada tanaman lada baik dari hasil buahnya maupun kendala hama penyakit.

Satu diantara pembeli lada di Kecamatan Tanjungpandan, Belitung, Alun mengatakan karena belum memasuki panen raya tidak dapat mengirim banyak lada keluar.

"Tidak setiap bulan kirim, kan belum masuk panen raya juga, bulan kemarin saja kirimnya sekitar 800 kilogram sampai bulan 1 ton lebih," kara Alun kepada posbelitung.co, Selasa (5/4/2021).

Dia berpendapat untuk tahun ini panen lada kemungkinan tidak akan banyak, hal itu dikarenakan faktor dari cuaca karena hujan, dan hama penyakit banyak selain itu hanya sedikit tanaman lada yang ditanam petani.

"Walau mungkin ada yang banyak nanam tapi buahnya yang tidak ada. Petani banyak yang ngeluh juga buahnya tidak ada," ucapnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved