Breaking News:

Berita Belitung

Mengulas Layanan dan Sarana Puskesmas Pariwisata Tanjung Binga, Ada Galeri Simpki

Bangunan dua lantai, dinding depan lantai pertama nampak daun simpor aneka warna dengan latar belakang biru membuat kesan berbeda.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bangunan Puskesmas Tanjung Binga, Senin (5/4/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Bangunan dua lantai, dinding depan lantai pertama nampak daun simpor aneka warna dengan latar belakang biru membuat kesan berbeda dari kebanyakan gedung fasilitas kesehatan.

Bangunan satu lantai sebelahnya yang menyatu dengan bangunan dua lantai, ada bagian yang dihiasi batik motif Belitung yang berwarna-warni, sementara sebagian dinding bangunan terbuat dari dinding kaca.

Di atas bangunan itu ada tulisan besar bertuliskan Puskesmas Tanjung Binga.

Begitulah gambaran yang bisa dilihat dari puskesmas pariwisata pertama di Bangka Belitung yang berada di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk ini.

"Kalau puskesmas pariwisata dengan tampilan baru, prototipe baru dari kemenkes, apalagi letaknya di daerah pariwisata, jadi bukan cuma pelayanan kesehatan biasa, tapi juga difokuskan akan memberikan kenyamanan lebih kepada wisatawan yang datang ke Pulau Belitung," jelas Kepala Puskesmas Tanjung Binga drg Farista Widiastuti.

Sarana kesehatan yang memadai, tidak dipungkiri bisa menjamin rasa aman bagi wisatawan.

Untuk itu, pihak puskesmas juga menjalin kerjasama dengan penggiat wisata seperti pihak perhotelan, home stay, dan UMKM sekitar.

Dengan pihak hotel, kerjasama yang dilakukan berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan bagi pegawai hotel dan penanganan kondisi darurat kesehatan.

"Ke sarana industri rumah tangga juga monitoring kebersihan lingkungan," ucapnya.

Bangunan Puskesmas Tanjung Binga, Senin (5/4/2021)
 Bangunan Puskesmas Tanjung Binga sebelum direnovasi menjadi bangunan puskesmas pariwisata. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Memasuki gedung, ada meja pendaftaran terdapat ruang pendaftaran yang bersebelahan dengan ruang farmasi. Ada banyak ruangan lain ketika menelusuri bangunan puskesmas ini.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved