Breaking News:

Berita Belitung

Soal Ekspor Zirkon, Erzaldi Ancam Cabut Izin Perusahaan Jika Terbukti Rugikan Negara

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman tegas mengatakan jika terbukti tidak sesuai standar yang ditetapkan maka perusahaan bisa dicabut izinnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat ditemui usai kunjungannya ke Belitung Timur, Senin (5/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengambil sikap atas dibongkarnya delapan kontainer berisi mineral ikutan zirkon milik PT Citra Alam Lestari yang akan diekspor ke Tiongkok.

Kepada posbelitung.co, Senin (5/4/2021), Erzaldi tegas mengatakan jika terbukti tidak sesuai standar yang ditetapkan maka perusahaan bisa dicabut izinnya.

"Harapan saya kalau terbukti cabut saja, bikin pusing dan merugikan negara," kata Erzaldi saat ditemui usai kunjungannya ke Belitung Timur.

Ia mengatakan sudah mendapat laporan sebelumnya tentang ekspor zirkon ini dan langsung ia koordinasikan dengan Dirjen Minerba.

Ia menjelaskan, seminggu sebelumnya sudah mengadakan rapat virtual bersama Menko Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan, para dirjen, dan lembaga tinggi negara terkait.

Di rapat itu utamanya membahas tentang penyelundupan yang marak terjadi terhadap mineral ikutan. Hal tersebut, akunya, merupakan tindak lanjut dari laporannya enam bulan lalu.

"Tiba-tiba masih kirim juga mineral ikutan zirkon yang diduga kandungannya tidak sesuai standar minimum yaitu 65,5 persen," ujar Erzaldi.

Saat disinggung terkait pengiriman yang sama pada akhir Februari 2021 yang lolos ekspor, Erzaldi mengatakan tidak tahu.

"Mana saya tahu. Perusahaan ini sudah ditangkap tiga kali. Izin bukan dari kami. Karena itu setelah dapat informasi tersebut, saya keluarkan surat ke Bea Cukai agar ditahan dulu sampai tim turun," jelas dia.

Dia menambahkan nanti sore bakal diadakan rapat virtual lagi bersama pihak-pihak terkait tentang tindak lanjut dan langkah apa yang akan diambil ke depan berkaitan dengan ekspor mineral ikutan ini.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved